SINERGISITAS GURU DAN PUSTAKAWAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)

Rahmi Yunita, 1520011061 (2018) SINERGISITAS GURU DAN PUSTAKAWAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SINERGISITAS GURU DAN PUSTAKAWAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA))
1520011061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (SINERGISITAS GURU DAN PUSTAKAWAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA))
1520011061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sinergisitas guru dan pustakawan dalam implementasi kurikulum 2013 berikut dengan faktor pendukung dan penghambatnya di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik. Penelitian dengan teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi ini menunjuk Wakaur Kurikulum dan Koordinator Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai key-person. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru dan pustakawan bersinergi dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta meskipun tidak semua guru bersinergi dengan pustakawan dengan baik. Sinergisitas ini terlihat secara langsung dan tidak langsung. Sinergisitas secara langsung terlihat dari guru dan pustakawan mengadakan kegiatan literasi berupa lomba dan pembelajaran berbasis perpustakaan. Adapun Sinergisitas secara tidak langsung terlihat dari guru dan pustakawan berperan sesuai peranan masingmasing namun masih memiliki keterkaitan. (2) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta didukung dengan adanya (a) faktor pendukung resources, partner, external environment yang baik. Hanya saja, SMA Muhammadiyah masih perlu memperhatikan (b) faktor penghambat berupa PP no.24 tahun 2014 pasal 83 ayat 6 tentang alokasi dana untuk memaksimalkan perpustakaan, memperhatikan aturan seleksi dalam pemenuhan kebutuhan informasi, aktualisasi diri guru dan pustakawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Sinergi, Guru, Pustakawan, dan Kurikulum 2013.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:46
Last Modified: 13 Nov 2018 06:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30567

Actions (login required)

View Item View Item