PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS HASTA KARYA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA DI KELAS A4 RA AR RAIHAN KWEDEN TRIRENGGO BANTUL

DIAN TRIMASARI, NIM. 13430002 (2017) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS HASTA KARYA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA DI KELAS A4 RA AR RAIHAN KWEDEN TRIRENGGO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS HASTA KARYA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA DI KELAS A4 RA AR RAIHAN KWEDEN TRIRENGGO BANTUL)
13430002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS HASTA KARYA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA DI KELAS A4 RA AR RAIHAN KWEDEN TRIRENGGO BANTUL)
13430002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

DIAN TRIMASARI (13430002), Peran guru dalam mengembangakan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui cerita di kelas A4 Ra Ar Raihan Kweden Trirenggo Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peran guru dapat mengembangkan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui cerita di kelas A4 RA Ar Raihan Bantul, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi peran guru dalam menggembangkan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui kegiatan cerita di kelas A4 RA Ar Raihan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitian kelas A4 Ra Ar Raihan Kweden Trirenggo Bantul yang berjumlah 33 anak.. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data secara reduksi data, display data dan verivikasi/ penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dapat mengembangkan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui cerita di kelas A4 RA Ar Raihan. Hal tersebut terbukti dari (1) guru sebagai motivator, (2) guru sebagai panutan, (3) guru sebagai vasilitator, dengan menghasilakan kreativitas hasta karya bentuk binatang dari play dough. Pencerminan dengan menghasilkan gambar, dan dengan barang bekas mengasilkan pos satpam. Dalam peran guru dalam mengembangkan kreativitas hasta karya anak uisa dini melalui cerita di kelas A4 RA Ar Raihan juga terdapat faktor pendukung dan penghambat, terdapat faktor pendunkung: tersedianya buku cerita yang cukup memadai dan dan tersedianya alat dan bahan untuk membuat hasta karya. Sedangkan faktor penghambatnya sebagai berikut : cerita guru kurang menarik karena monoton dan mood anak sudah kurang baik dari rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ibu Siti Zubaedah,S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Hasta Karya
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:43
Last Modified: 09 Aug 2018 02:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item View Item