PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA BINTANG KECIL KETANGGUNGAN, WIROBRAJAN, YOGYAKARTA

LATIFAH NURUL HIDAYATI, NIM. 13430021 (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA BINTANG KECIL KETANGGUNGAN, WIROBRAJAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA BINTANG KECIL KETANGGUNGAN, WIROBRAJAN, YOGYAKARTA)
13430021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA BINTANG KECIL KETANGGUNGAN, WIROBRAJAN, YOGYAKARTA)
13430021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

LATIFAH NURUL HIDAYATI. Peran Guru dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini di Kelompok A RA Bintang Kecil Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyaknya anak yang tidak percaya diri ketika memasuki usia remaja untuk memilih jalan hidupnya. Pentingnya pengembangan rasa percaya diri sejak dini karena setiap manusia adalah khalifah bagi dirinya sendiri sehingga perlunya rasa percaya diri yang kuat agar mampu mengambil berbagai keputusan dengan baik untuk kelangsungan hidupnya. Selain itu pengembangan rasa percaya diri sejak dini juga mampu mengembangkan berbagai potensi dalam dirinya dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam rangka mengembangkan rasa percaya diri anak usia dini, peranan guru dalam mengambangkan rasa percaya diri anak usia dini, serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan rasa percaya diri anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar peran guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak usia dini di kelas A RA Bintang Kecil Ketanggungan, Wirobrajan, Yogyakarta. Adapun pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Analisis data yang sudah terkumpul dan tersusun secara sistematis kemudian ditarik kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pembelajaran sentra dengan membebaskan anak untuk memilih kegiatannya sendiri, (2) peran guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak: peran guru dalam berinteraksi (mencakup peran guru sebagai motivator, pengajar, dan mediator), peran guru dalam pengasuhan (mencakup peran guru sebagai pelatih), peran guru dalam mengatur tekanan/stress (mencakup peran guru sebagai penasehat, pendidik, motivator, dan pengelola kelas), peran guru dalam memberikan fasilitas (mencakup peran guru sebagai pendorong kreativitas, pengelola kelas, dan fasilitator), peran guru dalam perencanaan (mencakup peran guru sebagai kulminator dan evaluator), peran guru dalam pengayaan (mencakup peran guru sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, mediator, pendamping, dan penasehat), peran guru dalam menangani masalah (mencakup peran guru sebagai penasehat dan emansipator), peran guru dalam pembelajaran (mencakup peran guru sebagai mediator, pengajar, dan fasilitator), peran guru dalam bimbingan dan pemeliharaan (mencakup peran guru sebagai pembimbing, pelatih, emansipator, mediator, dan fasilitator), dan (3) faktor pendukung dalam mengembangkan rasa percaya diri yaitu guru, teman, orang tua, kegiatan ekstrakulikuler kemudian faktor penghambatnya meliputi pola asuh orang tua, teman, kondisi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ibu Dr. Hj. ErniMunastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Rasa Percaya Diri, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:50
Last Modified: 09 Aug 2018 02:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item