UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN SISWA DI RA NURUL UMMAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ESSENSIALISME

NIKEN KURNIAWATI, NIM. 13430024 (2018) UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN SISWA DI RA NURUL UMMAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ESSENSIALISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN SISWA DI RA NURUL UMMAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ESSENSIALISME)
13430024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN SISWA DI RA NURUL UMMAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ESSENSIALISME)
13430024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

NIKEN KURNIAWATI. Upaya Pembentukan Kemandirian Siswa Di RA Nurul Ummah Dalam Perspektif Filsaftat Essensialisme. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya pembentukan kemandirian siswa dari usia dini. Sikap mandiri juga menjadi salah satu tujuan sistem pendidikan nasional Indonesia. Pada zaman sekarang banyak orang tua baik ibu ataupun ayah sama-sama berkarir. Sehingga waktu untuk bersama dengan anak berkurang, untuk menebus rasa bersalah orang tua, terkadang orang tua memanjakan anak. Maka dari itu sangat penting untuk menanamkan kemandirian di lembaga pendidikan dan dari lembaga pendidikan itu dapat disampaikan kepada orang tua. Di RA Nurul Ummah terdapat kebijkan bagi siswa untuk belajar mandiri dimulai dari awal sekolah sudah tidak boleh ditunggui oleh orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembentukan sikap kemandirian siswa di RA Nurul Ummah dalam perspektif filsafat essensialisme Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di RA Nurul Ummah. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan kepada kegiatan yang dilakukan guru, pengasuh dan siswa kelas B, wawancara dengan Kepala sekolah, dan Pendidik, dan dokumentasi di RA Nurul Ummah. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kemudian untuk pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketika siswa awal masuk di RA Nurul Ummah, ada beberapa siswa yang menangis karena belum mau berpisah dengan orang tuanya, belum bisa ke teoilet secara mandiri, belum terbiasa meletakkan tas di tempat yang telah disediakan, belum bisa makan secara mandiri, belum bisa membuka bungkus makanan secara mandiri, serta belum bisa ganti baju dan melipat baju secara mandiri (2) Upaya yang dilakukan untuk membentuk kemandirian siswa di RA Nurul Ummah dalam perspektif filsafat essensialisme yaitu: guru yang memberikan peringatan dan pemisahan, bentuk komunikasi satu arah, guru sebagai pengarah ruang kelas, pembelajaran yang tidak berpusat pada anak, kurangnya permainan ketika pembelajaran, kebijakan yang menuntut kedisiplinan, metode pembalajaran dengan ceramah dan bercerita yang membuat siswa pasif, metode latihan agar siswa mandiri, pendekatan pembelajaran yang otoriter, dan pola pengasuhan yang memberikan Batasan permainan dan tempat bermain siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Rohinah, S.Pd. I., M. A.
Uncontrolled Keywords: kemandirian, siswa, filsafat essensialisme.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:09
Last Modified: 09 Aug 2018 03:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30577

Actions (login required)

View Item View Item