OPTIMALISASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK KHALIFAH GEDONGKUNING

INDRI PUSPITARINI, NIM. 13430047 (2018) OPTIMALISASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK KHALIFAH GEDONGKUNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK KHALIFAH GEDONGKUNING)
13430047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK KHALIFAH GEDONGKUNING)
13430047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)

Abstract

Baca Anak Usia Dini Kelompok B TK Khalifah Gedongkuning. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar Belakang penelitian ini adalah karena budaya membaca di Indonesia cukup rendah. Hal ini salah satu faktornya dipengaruhi oleh kurang ditanamkannya minat baca sejak dini sehingga ketika anak dewasa sulit tertanam budaya membaca. Di TK Khalifah Gedongkuning, sekolah mencoba mengoptimalkan program penanaman minat baca anak usia dini mengingat sangat pentingnya penanaman minat baca sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi sekolah dalam penanaman minat baca pada anak usia dini di TK Khalifah Gedongkuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK Khalifah Gedongkuning. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan pada anak didik di kelompok TK B1 dan kelompok B2, wawancara dengan Kepala sekolah, Pendidik, Wali murid, dan dokumentasi di TK Khalifah Gedongkuning. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kemudian untuk pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sekolah mencoba beruusaha program penanaman minat baca anak pada anak usia dini melalui berbagai macam cara, diantaranya melalui program pembelajaran, program perpustakaan, dan program gemar membaca, program kerjasama orangtua dan penataan tata ruang untuk membangun minat baca. (2) Optimalisasi program minat baca berdampak pada peningkatan minat baca anak usia dini hal ini dibuktikan dengan respon anak yang baik dan antusiasme anak terhadap tulisan atau bacaan dalam buku. (3) Dalam rangka mengoptimalisasikan program minat baca pada anak usia dini masih terdapat kendala yang menjadi evaluasi sekolah untuk menjadi lebih baik, diantaranya peningkatan sumber daya manusia (SDM) guru, peningkatan ketersediaan buku dan tata ruang perpustakaan serta kerjasama antara sekolah dan orangtua dalam rangka penanaman minat baca pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: optimalisasi, sekolah, minat baca, anak usia dini.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 10:25
Last Modified: 09 Aug 2018 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum