UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016-2017

HALIMATUS SYADIYAH, NIM. 12480023 (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016-2017)
12480023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016-2017)
12480023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (958kB)

Abstract

HALIMATUS SYADIYAH. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas I Di SD Muhammadiyah Bodon Jagalan Banguntapan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Kemampuan membaca Al-Qur’an dalam Islam merupakan salah satu ibadah yang dinilai tinggi oleh Allah SWT, dan merupakan tahapan awal memahami agama. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, sehingga perlu adanya upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Bodon Jagalan Banguntapan Bantul; 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas I Di SD Muhammadiyah Bodon Jagalan Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Bodon. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, dokumentasi dan pengamatan langsung dilapangan. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan analisis data yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas I Di SD Muhammadiyah Bodon Jagalan Banguntapan Bantul adalah: (a) Menentukan tujuan yang ingin dicapai; (b) Menentukan materi yang ingin dicapai; (c) mengembangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran iqra’ dan metode drill sebagai metode penyampaiannya; (d) Mengadakan kegiatan TPA; (e) Mengadakan tadarus pagi; (f) Mengadakan evaluasi; (g) Menyediakan saran dan prasarana. 2) Faktor pendukung dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas I di SD Muhammadiyah Bodon Jagalan Banguntapan Bantul adalah lembaga pendidikan itu sendir, guru Iqra, wali kelas, guru agama, teman sekelas, orang tua, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya dari faktor internal yaitu dari diri siswa sendiri, guru dan sekolah. Sedangkan faktor eksternalnya itu kurangnya minat dan motivasi siswa, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, kurangnya waktu orang tua untuk mendampingi siswa, pendidikan orang tua masih rendah terhadap Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:55
Last Modified: 09 Aug 2018 03:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30582

Actions (login required)

View Item View Item