PENERAPAN STRATEGI ACTION LEARNING TIPE BELAJAR MANDIRI DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN KREATIF PADA SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

INNAYATU SOLEHAH, NIM. 13480051 (2017) PENERAPAN STRATEGI ACTION LEARNING TIPE BELAJAR MANDIRI DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN KREATIF PADA SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI ACTION LEARNING TIPE BELAJAR MANDIRI DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN KREATIF PADA SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI ACTION LEARNING TIPE BELAJAR MANDIRI DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN KREATIF PADA SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)

Abstract

Innayatu Solehah. 2017. Penerapan Strategi Action Learning dalam Menumbuhkan Kecerdasan Kreatif pada Siswa Kelas IV SD SALAM Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Undang-undang No.20 tahun 2003 bab II Pasal 3 menuntut pendidikan harus mengembangkan kreatifitas siswa. Sekolah sebagai sarana pendidikan tidak seharusnya mengasah kognitif siswa saja melainkan memberikan pengalaman yang sesuai dengan kreatifitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus yang dilakukan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi Action Learning dalam menumbuhkan kecerdasan kreatif pada Siswa Kelas IV SD SALAM Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Presentase tumbuhnya kreatifitas di kelas IV SD SALAM Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta yaitu 80%. Siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa terdapat 13 siswa yang berhasil membuat risetnya sendiri. Penerapan strategi Action Learning terdapat enam tahapan yaitu perencanaan, diskusi, melakukan, analisis, dan menyimpulkan, yang didalamnya terdapat beberapa strategi pembelajaran Action Learning diantaranya pembelajaran rutin di luar kelas seminggu sekali (outdoor learning), belajar ke rumah siswa satu bulan sekali (home visit), field trip, berkemah, game atau ice breaking sebelum pembelajaran di halaman sekolah, diskusi kelompok, bertanya, tebak-tebakan, mengumpulkan informasi dengan mengakategorikan. (2)Faktor yang mendukung diantaranya adalah lingkungan sekolah yang asri, kegiatan pembelajaran rutin di luar kelas setiap seminggu sekali (hari Jum’at), terdapat piket membersihkan kelas dan piket menyapu halaman, piket menyiram tanaman, dan terdapat alat permainan yang digunakan dalam pembelajaran di luar kelas. (3)Faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa untuk piket kelas, kurangnya kesadaran orang tua dalam mengawasi riset yang dilakukan siswa di rumah, dan kurangnya sarana transportasi untuk pembelajaran yang dilakukan di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Action Learning, Kecerdasan Kreatif, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 11:10
Last Modified: 09 Aug 2018 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum