KEGIATAN DOKTER KECIL SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB DAN PEDULI SOSIAL DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI

WARIATI, NIM. 13480053 (2018) KEGIATAN DOKTER KECIL SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB DAN PEDULI SOSIAL DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN DOKTER KECIL SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB DAN PEDULI SOSIAL DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI)
13480053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN DOKTER KECIL SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB DAN PEDULI SOSIAL DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI)
13480053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (950kB)

Abstract

Wariati, “ Kegiatan Dokter Kecil Sebagai Media Penanaman Nilai Tanggung Jawab dan Peduli Sosial di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didik untuk menjadi manusia cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Masalah moral, adalah suatu masalah yang menjadi perhatian orang di mana saja, baik dalam masyarakat yang telah maju, maupun dalam masyarakat yang masih terbelakang. Penanaman nilai Tanggung jawab dan peduli sosial sangat penting ditanamkan kepada diri pesera didik sejak dini yang merupakan pondasi dalam membangun kepribadian seseorang dalam kehidupan sekarang dan yang akan datang. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah adalah (1) Bagaimana kegiatan dokter kecil sebagai media penanaman nilai tanggung jawab dan peduli sosial di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari, (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung kegiatan dokter kecil sebagai media penanaman nilai tanggung jawab dan peduli sosial di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan mengambil tempat di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari. Subjek penelitian: kepala sekolah, 2 guru pembimbing kegiatan dokter kecil, 5 petugas dokter kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing. Teknik pemeriksaan data dengan menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan dokter kecil sebagai media penanaman nilai tanggung jawab dan peduli sosial. Dalam kegiatan dokter kecil terdapat 11 kegiatan yang dijalankan oleh petugas dokter kecil dan peserta didik lainnya yaitu: kegiatan Jum‟at bersih dan sehat, toilet training, gosok gigi dan cuci tangan massal, pantauan kebersihan kuku, pemeriksaan kebutuhan obat tiap kelas, pemeriksaan kebersihan kelas, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemberantasan sarang nyamuk, piket upacara, tindakan pertolongan pertama, pantauan PHBSIM (Perilaku Hidup Bersih, Sehat, Islami, dan Mandiri). Hal tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai tanggung jawab dan peduli sosial dalam diri peserta didik. faktor pendukung: minat, dukungan orang tua, sarana dan prasarana mendukung, reward dan punishment. Sedangkan faktor penghambat: disiplin waktu kurang, kurangnya tenaga guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Dokter Kecil, Penanaman Nilai, SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:14
Last Modified: 09 Aug 2018 04:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item