MODIFIKASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MI MA’ARIF NU PUCANG SIDOARJO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV

NUR MAULIDIYAH MUNAWAROH, NIM.: 13480058 (2018) MODIFIKASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MI MA’ARIF NU PUCANG SIDOARJO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MODIFIKASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MI MA’ARIF NU PUCANG SIDOARJO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV)
13480058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MODIFIKASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MI MA’ARIF NU PUCANG SIDOARJO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV)
13480058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nur Maulidiyah Munawaroh, “Modifikasi Dalam Implementasi Kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang Sidoarjo Pada Pembelajaran Kelas IV”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan implementasi Kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dalam proses pembelajaran tematik dan mengetahui integrasi antara Kurikulum Internasional dan Kurikulum Nasional dengan sistem adopsi dan adaptif, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dalam proses pembelajaran. Manfaat penelitian untuk peneliti yaitu dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman langsung tentang implementasi Kurikulum Internasional (Cambridge dan IB) yang diadopsi dan adaptasi dengan Kurikulum Nasional dalam proses pembelajaran tematik di MI Ma‟arif NU Pucang Sidoarjo. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data menggunakan pendapat Miles dan Huberman meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sementara itu, uji keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi serta Hasil dari penelitian menunjukan bahwa MI Ma‟arif NU Pucang Sidoarjo mengimplementasikan 3 kurikulum dalam pembelajarannya. Adapun kurikulumnya antara lain: Kurikulum 2013, Cambridge International Examination, dan International Baccalaureate Programme. Integrated Curriculum yakni menyatukan 3 kurikulum (Kurikulum 2013, Cambridge International Examination, dan International Baccalaureate Programme) dengan proses seleksi adopsi dan adaptif. Dan implementasi kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dibahas dalam tiga tahap yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Kemudian untuk faktor pendukung implementasi Kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dalam pembelajaran, yakni meliputi persiapan yang matang dari pihak madrasah untuk mengembangkan pendidikan, memiliki program pendukung untuk mengembangkan kemampuan peserta didik, memiliki kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan guru, dan faktor sarana prasarana yang memadai. Sementara itu faktor penghambatnya meliputi belum sempurnanya pembuatan RPP/IB(International Baccalaureate) Planner, kurang terlaksananya pembiasaan komunikasi dengan bahasa Inggris di dalam kelas, dan penilaian harian tidak selalu dilakukan setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Cambridge International Examination, International Baccalaureate Programme, Adopsi dan adaptif, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 11:31
Last Modified: 09 Aug 2018 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum