PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI

NUR HADY WATA UTAMI, NIM. 13480077 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI)
13480077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI)
13480077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku” untuk MI/SD, (2) Memperoleh media pembelajaran yang layak digunakan pada pembelajaran tematik, (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku” untuk MI/SD. Penelitian yang sudah peneliti lakukan ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Proses pengembangan yang sudah dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Dissemination (penyebarluasan). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kelayakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik ini yaitu menggunakan lembar angket. Media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan 2 guru kelas IV serta uji coba terbatas yang dilakukan oleh 10 siswa SD N Perumnas Condongcatur. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku” untuk MI/SD berhasil disusun. (2) Hasil penilaian ahli materi diperoleh jumlah nilai dengan rata-rata 48, dengan klasifikasi kualitas media Sangat Baik (SB). Penilaian ahli media diperoleh jumlah nilai dengan rata-rata 46, dengan klasifikasi kualitas media Baik (B). Penilaian oleh peer reviewer diperoleh jumlah rata-rata nilai 112 dengan klasifikasi kualitas media Sangat Baik (SB). Penilaian oleh guru diperoleh jumlah rata-rata 113,5, dengan klasifikasi kualitas media Sangat Baik (SB). (3) Respon siswa diperoleh jumlah skor dengan rata-rata 10,4 dengan persentase 94,5% sehingga respon siswa dapat dikatakan positif. Dengan demikian, media dapat digunakan siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku”, kearifan lokal.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 13:28
Last Modified: 09 Aug 2018 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum