KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF SEMBEGO YOGYAKARTA

ROBITHOTUL HUSNA, NIM 13480109 (2017) KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF SEMBEGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF SEMBEGO YOGYAKARTA)
13480109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF SEMBEGO YOGYAKARTA)
13480109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Robithotul Husna, Kepala Madrasah sebagai Pemimpin dalam Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik di MI Ma’arif Bego, Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Distorsi karakter yang terjadi di lingkungan peserta didik sangat memperihatinkan. Pengembangan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego yang berlandaskan nilai religius mampu menjadi benteng bagi peserta didik agar terhindar dari pengaruh negatif pergaulan di era globalisasi. Pihak yang berperan besar dalam pencapaian pengembangan karakter siswa adalah kepala madrasah. Kepala madrasah merupakan pemimpin yang menjadi objek utama dalam kesuksesan pengembangan karakter peserta didik di madrasah. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti kepala madrasah sebagai pemimpin dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Ma’arif Bego. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam pengembangan karakter religius peserta didik melalui fungsinya sebagai pemimpin, bagaimana perencanaan, penyusunan, pelaksanaan hingga refleksi dan tindak lanjut program pengembangan karakter religius . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MI Ma’arif Bego Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan karakter religius peserta didik melalui kepala madrasah sebagai pemimpin dapat dilihat dari aspek kepribadian, karakter religius yang dikembangkan yaitu religius belief dan religius practice. Aspek pengetahuan terhadap tenaga kependidikan mampu mengembangkan karakter religius practice. Aspek visi dan misi madrasah mampu mengembangkan karakter religius practice. Aspek kemampuan mengambil keputusan mampu mengembangkan religius, belief, religius practice, religius feeling, religius knowledge dan religius effect. Dan aspek kemampuan komunikasi mampu mengembangkan karakter religius, belief, religius practice, religius feeling, religius knowledge dan religius effect. 2) Faktor yang mendukung kepala madrasah sebagai pemimpin dalam pengembangan karakter religius di MI Ma’arif Bego yaitu kerjasama dan gotong royong, dan peran serta orang tua peserta didik dan masrarakat sekitar madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana, dan kegiatan pembelajaran yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Pemimpin, Religius
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 13:49
Last Modified: 09 Aug 2018 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30589

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum