GENIUS LEARNING STRATEGY SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN)

EKO. MURWANTO - NIM. 03460500, (2009) GENIUS LEARNING STRATEGY SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mencari peningkatan Minat Belajar Fisika, 2). Mencari peningkatkan Prestasi Belajar Fisika (3) Mencari peningkatan Kreativitas Belajar Siswa kelas IX di MTsN Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis Eksperemen Reseach. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX MTsN Prambanan Sleman. Dan subyeknya yaitu kelas IX-E sebagai kelas Kontrol dan Kelas IX-A sebagai Kelas Eksperemen. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes Prestasi Belajar Fisika serta Angket Minat dan Kreativitas Belajar siswa. Sedangkan Keabsahan data dilakukan dengan melakukan Uji Validitas dan Reliabilitas. Adapun analisis data yang digunakan diantranya, (1) Uji Normalitas, (2) Uji Homogenitas, (3) Uji T test, (4) Uji Anova,(5) Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan metode genius learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan perbandingan nilai antara Kelas Kontrol dan Kelas Eksperemen didapati nilai pre test yaitu thitung ttabel atau (0,95 2,00) dan nilai post test thitung ttabel atau7 (9,83 2,00). (2) Penggunaan metode genius learning berpengaruh terhadap minat belajar siswa dengan perbandingan nilai uji tes minat awal didapati thitung ttabel atau (0,99 2,00) dan tes minat belajar akhir kedua kelas tersebut didapati thitung ttabel atau (7,24 2,00). (3) Penggunaan metode genius learning berpengaruh terhadap Kreativitas belajar siswa dengan perbandingan nilai tes kreativitas belajar awal didapati t hitung ttabel atau (0,71 2,00) dan dengan tes kreativitas belajar akhir didapati t hitung t tabel atau (7,03 2,00). Dengan bergitu metode genius learning bisa dijadikan sebagai metode pembelajaran alternatif dalam meningkatkan minat dan prestasi serta kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Genius Learning, Minat, Prestasi dan Kreativitas Belajar.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3059

Actions (login required)

View Item View Item