PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SD/MI DI KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN

HAYULIA, NIM. 12490090 (2018) PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SD/MI DI KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SD/MI DI KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN)
12490090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SD/MI DI KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN)
12490090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hayulia. Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap Kinerja Mengajar Guru SD/MI di Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian kuantitatif dengan model studi korelasional ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) (X) terhadap variabel kinerja mengajar guru (Y) ketika dikontrol dengan variabel motivasi kerja (Z) dengan mendasarkan pada teori classical conditioning. Penelitian skripsi ini dilaksanakan di Kecamatan Megang Sakti, dengan sampel sejumlah 149 guru dari populasi sebesar 250 guru SD/MI. Penarikan sampel didasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik stratified sample. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) (X), sedangkan variabel dependen adalah kinerja mengajar guru (Y). selain itu terdpat pula variabel kontrol berupa motivasi kerja (Z). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian terdiri dari statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 16. Hasil perbandingan koefisien korelasi bivariate (variabel X= kegiatan kelompok kerja guru (KKG) dan variabel Y= kinerja mengajar guru) dan korelasi partial (variabel X= kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), variabel Z= motivasi kerja, dan veriabel Y= kinerja mengajar guru) menunjukan bahwa koefisien ryx > ryxz, yaitu 0.310 > 0.229. Artinya kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) berpengaruh terhadap kinerja mengajar guru karena dimediasi oleh motivasi kerja. Dengan demikian, kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) membutuhkan motivasi kerja untuk meningkatkan kinerja mengajar guru. Jika guru tidak memiliki motivasi kerja dalam mengikuti kegiatan KKG, maka kegiatan KKG tidak akan berpengaruh terhadap kinerja mengajar guru. Hasil analisis regresi linier menunjukkan nilai β1 = 0.193 dan β2 = 0.282, dimana kontribusi kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan motivasi kerja mampu meningkatkan kinerja mengajar guru sebesar 47.5%. Artinya ketika kegiatan KKG dilaksanakan secara efektif dan guru memiliki motivasi kerja yang tinggi, maka dapat meningkatkan kinerja mengajar guru SD/MI di Kecamatan Megang Sakti sebesar 47.5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), Kinerja Mengajar Guru, Motivasi Kerja
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2018 14:27
Last Modified: 09 Aug 2018 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum