PENDIDIKAN DAMAI: Upaya Mencegah Budaya Anarkisme Pendidikan

Syamsuddin, Muh (2015) PENDIDIKAN DAMAI: Upaya Mencegah Budaya Anarkisme Pendidikan. Jurnal Sosiologi Reflektif, 9 (2). pp. 213-234. ISSN 1978-0362

[img]
Preview
Image
cover_issue_199_en_US.jpg - Cover Image

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN DAMAI: Upaya Mencegah Budaya Anarkisme Pendidikan)
SR150902-Muh Syamsuddin.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Kekerasan merupakan bentuk hegemonik dalam segala aspek kehidupan politik, ekonomi, sosial, hukum dan budaya. Hegemoni dalam pendidikan disebabkan oleh proses dehumanisasi dari substansi dan metode pembelajaran. Metode pengajaran yang berlangsung selama ini dilakukan dengan pendekatan pedagogi atau seorang guru, menjadi figur yang sempurna (mengetahui tentang banyak hal) dan siswa hanyalah obyek. Tindakan ini disebut kekerasan pendidikan. Kekerasan ini dapat merusak kepribadian. Tulisan ini mendiskusikan tentang upaya mencegah kekerasan yang terjadi dalam pendidikan melalui pendidikan damai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Damai, Budaya Anarkhisme, Hegemoni dan Pendidikan
Subjects: Budaya dan Agama
Divisions: Jurnal > 29. Sosiologi Reflektif
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2018 16:03
Last Modified: 06 Nov 2018 16:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30609

Actions (login required)

View Item View Item