PERENCANAAN PENDIDIKAN BIDANG FASHION DESIGNER DI SMK NU BANAT KUDUS JAWA TENGAH

UMMU ASNA ARIEF ZAKIYYA, NIM: 14490080 (2018) PERENCANAAN PENDIDIKAN BIDANG FASHION DESIGNER DI SMK NU BANAT KUDUS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PENDIDIKAN BIDANG FASHION DESIGNER DI SMK NU BANAT KUDUS JAWA TENGAH)
14490080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Cover Image

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PENDIDIKAN BIDANG FASHION DESIGNER DI SMK NU BANAT KUDUS JAWA TENGAH)
14490080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ummu. Perencanaan Pendidikan Bidang Fashion Designer di SMK NU Banat Kudus Jawa Tengah, Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2018. Latar belakang dari penelitian ini peneliti melihat masih banyak masyarakat yang menomorduakan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan SMA (Sekolah Menengah Atas). Era globalisasi telah melahirkan suatu gaya hidup baru yang membawa masyarakat pada perminatan yang berbeda. Termasuk pada bidang pendidikan. SMK telah terkoneksi dengan dunia industri agar mempermudah menerapkan praktik dan mendapat pekerjaan. Oleh karena itu sekolah membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan tentang kewirausaan. Penelitian ini dilakukan di SMK NU Banat Kudus. SMK NU Banat Kudus memiliki Fashion Designer sebagai program baru. Membekali peserta didik dengan intelektual, pengalaman eksperimen, kreatifitas dan jiwa kewirusahaan dalam diri peserta didik agar menghasilkan karya yang berdaya jual. Tujuan diberikannya bekal keterampilan agar peserta didik setelah lulus mudah mendapatkan pekerjaan, dapat terus berkarya dan membuka usaha sesuai bidang yang ditekuni. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data di antaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validitasi data menggunakan trianggulasi sumber dan analisa data menggunakan redukasi data, penyajian data dan pengambilan keputusan atau Verification. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tipologi perencanaan pendidikan di SMK NU Banat Kudus menggunakan dua jenis pendekatan yaitu Man Power Approach dan Cost Benefit (2) SMK NU Banat Kudus menggunakan kurikulum 2013 dengan menerapkan pembelajaran berbasis Teaching Factory, di mana sekolahan telah menerapkan budaya industri seperti pengenalan dunia wirausaha dan ekonomi kreatif pada kelas X. (3) hasil perencanaan pendidikan di SMK NU Banat Kudus menunjukkan bahwa sekolahan telah berkontribusi dalam kegiatan mengembangkan ekonomi kreatif dapat dilihat dari berbagai kegiatan pameran, kompetesi dibidang busana serta fashion show baik yang diselenggarakan dari tingkat lokal, nasional, sampai tingkat internasional, beberapa event pameran, kompetisi dan fashion show.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Fashion Designer, Kreatifitas, Perencanaan, Teaching Factory.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2018 15:05
Last Modified: 07 Nov 2018 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum