UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA

MAJDINA GHAISANI IFLYA, NIM: 14490072 (2018) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA)
14490072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA)
14490072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Majdina Ghaisani Iflya, Upaya Kepala Madrasah dalam Membina Budaya Organisasi dan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di MIN 5 Kabupaten Majalengka. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap budaya organisasi dan kinerja guru dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kabupaten Majalengka. MIN tersebut adalah satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Permasalahan seperti kurang pedulinya guru pada budaya organisasi yang ada, terdapat beberapa orang guru yang selalu hadir terlambat, guru yang meninggalkan kelas sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai, dan kurang disiplin terhadap waktu membuat peneliti tertarik untuk mengetahui budaya organisasi yang diterapkan dan upaya kepala madrasah dalam membinanya. Selain itu, upaya-upaya pembinaan kepala madrasah mengenai kinerja guru dalam pembelajaran juga akan dianalisa dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kabupaten Majalengka. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data dari observasi di lapangan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto/gambar hasil penelitian. Data tersebut kemudian ditranskip, dipelajari, ditelaah, dianalisa dan disimpulkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan budaya organisasi pada MIN 5 Kabupaten Majalengka tercermin dari nilai-nilai Religius dalam beberapa kegiatan madrasah, suasana kekeluargaan, dan suri tauladan yang diberikan oleh kepala madrasah. Akan tetapi, penerapan budaya organisasi tersebut belum optimal dikarenakan masih terdapat beberapa hambatan. (2) Upaya kepala madrasah dalam membina budaya organisasi dilakukan melalui dua cara, yaitu cara yang ditunjukan kepala madrasah dengan melaksanakan peran dan tanggungjawabnya berdasarkan kompetensi yang dimiliki, dan melalui kegiatan pengembangan diri untuk siswa. (3) Teknik kepala madrasah untuk membina kinerja guru dalam pembelajaran adalah dengan kunjungan kelas, pertemuan pribadi, rapat dewan guru, pertemuan kelompok kerja, serta pelatihan dan pembinaan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Nur Hidayah, S.Th.I., M. Sc.,
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru dalam Pembelajaran
Subjects: Organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2018 08:44
Last Modified: 09 Oct 2018 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30624

Actions (login required)

View Item View Item