TIPOLOGI DAN STRATEGI KEPEMIMPINAN NYAI DALAM MEMELIHARA TRADISI KAJIAN KITAB KUNING DI PESANTREN MA’HAD ALY NURUL JADID PROBOLINGGO JAWA TIMUR

VIKI AMALIA, NIM: 14490056 (2018) TIPOLOGI DAN STRATEGI KEPEMIMPINAN NYAI DALAM MEMELIHARA TRADISI KAJIAN KITAB KUNING DI PESANTREN MA’HAD ALY NURUL JADID PROBOLINGGO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TIPOLOGI DAN STRATEGI KEPEMIMPINAN NYAI DALAM MEMELIHARA TRADISI KAJIAN KITAB KUNING DI PESANTREN MA’HAD ALY NURUL JADID PROBOLINGGO JAWA TIMUR)
14490056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TIPOLOGI DAN STRATEGI KEPEMIMPINAN NYAI DALAM MEMELIHARA TRADISI KAJIAN KITAB KUNING DI PESANTREN MA’HAD ALY NURUL JADID PROBOLINGGO JAWA TIMUR)
14490056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Viki Amalia. TIPOLOGI DAN STRATEGI KEPEMIMPINAN NYAI DALAM MEMELIHARA TRADISI KAJIAN KITAB KUNING DI PESANTREN MA‟HAD ALY NURUL JADID PROBOLINGGO JAWA TIMUR. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018. Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan tradisional yang sangat identik dengan kepemimpinan seorang Kiai dan dengan kajian kitab kuning di dalamnya. Namun, dewasa ini terdapat pula pondok pesantren yang diasuh dan dipimpin langsung oleh seorang Nyai. Hal tersebut menimbulkan semacam “kontradiksi”, jika mengingat kenyataan bahwa dari materi yang bersumber dari kajian kitab kuning, seringkali didapati pemahaman bahwasanya derajat perempuan lebih rendah dari lakilaki, termasuk di antaranya pemahaman bahwa perempuan tidak selayaknya menjadi pemimpin selama masih ada kaum laki-laki. Salah satu contoh lembaga yang dipimpin oleh seorang Nyai yaitu Ma‟had „Aly Nurul Jadid, suatu lembaga setaraf perguruan tinggi yang didirikan di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid. Tujuan utama didirikannya lembaga ini adalah untuk memfasilitasi para santri yang ingin memperdalam kajian kitab kuning. Di dalam penelitian ini, peneliti mengkaji tentang bagaimana tipologi kepemimpinan nyai di pondok pesantren Ma‟had Aly Nurul Jadid, serta bagaimana cara nyai memelihara tradisi kajian kitab kuning di pondok pesantren tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Selain dilakukan dengan pengamatan lapangan (Observasi), dokumentasi, pengumpulan data dalam penelitian ini juga dilakukan dengan wawancara yang melibatkan beberapa subjek yang terkait, antara lain: KH. Romzi Al- Amiri Mannan dan Ny. Hj. Nur Lathifah Wafi, serta beberapa musyrif, pengurus harian dan santriwan/santriwati di Ma‟had „Aly Nurul Jadid Probolinggo. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Tehnik analisis data melalui reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tipe kepemimpinan Nyai Nur Latifah di Pesantren Ma‟had „Aly Nurul Jadid Probolinggo adalah Demokratis dan Karismatik; (2) Faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan nyai dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti dukungan majelis keluarga sebagai faktor pendukung, dan multi peran nyai sebagai faktor penghambat; (3) Nyai Nur Lathifah menerapkan teori Strategi J.Salusu yaitu Strategi functional manajemen yang mencakup fungsi manajemen yaitu implementating, planning, controlling, organizing, staffing, leading, communicating, motivating, decision making, dan integrating.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I, M.SI,
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Nyai, Karismatik, Demokratis, Kitab Kuning
Subjects: Budaya dan Agama
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Nov 2018 15:31
Last Modified: 08 Nov 2018 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30625

Actions (login required)

View Item View Item