MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA

ALFIATUR ROHMAH, NIM: 14490022 (2018) MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA)
14490022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA)
14490022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

dalam Sistem Full Day School di Madrasah Afkaaruna Islamic School Yogyakarta Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2018. Latar belakang penelitian ini adalah penyelenggaraan pendidikan pada dasarnya tidak hanya berorientasi pada kemampuan kognitif dan psikomotorik peserta didik saja, akan tetapi afektif (sikap) juga. Karakter peserta didik adalah hal yang sangat ditekankan dalam proses pembelajaran. Dewasa ini full day school mulai populer di kalangan masyarakat. Sitem full day school ini sempat menimbulkan pro dan kontra karena dianggap akan mematikan pendidikan diniyah. Akan tetapi pelaksanaan sistem full day tidak selalu berdampak negatif. Salah satunya adalah pendidikan karakter kepada peserta didik dapat berjalan secara maksimal. Seperti halnya di Afkaaruna Islamic School, dengan sistem full day sekolah ini dapat menyeimbangakan program keagamaan dan umum dengan manajemen yang baik dalam penyelenggarannya. Madrasah ini memiliki tiga jenjang pendidikan yaitu MI, RA dan PAUD yang memiliki program pengembangan karakter peserta didik yang menarik dan diaplikasikan dalam sistem full day school. Dengan demikian terdapat empat hal menarik yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) apa landasan program pengembangan karakter, (2) apa program pengembangan karakter peserta didik, dan (3) bagaimana manajemen program pengembangan karakter peserta didik dalam sistem full day school di Afkaaruna Islamic School Yogyakarta serta (4) bagaimana hasil manajemen program pengembangan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah ketua yayasan, manajer, kepala MI, kepala RA, kepala PAUD dan orang tua/wali siswa. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) landasan pengembangan karakter peserta didik terdiri dari tiga pilar yaitu: Islam, internasional dan lokal budaya. (2) program pengembangan karakter pada jenjang PAUD dan RA yaitu: adanya kegiatan pembiasaan ibadah, news day, saving day, infaq day dan kegiatan after school program. Sedangkan untuk MI hampir sama akan tetapi ditambah dengan mini workshop living skill. (3) manajemen program yang berjalan terdiri dari lima tahap yaitu: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengendalian dan penilaian. (4) Hasil program pengembangan karakter peserta didik sudah mencapai 80% dari apa yang menjadi target baik itu agama, karakter maupun target pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Pendidikan Karakter, Full Day School
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Nov 2018 08:54
Last Modified: 08 Nov 2018 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30629

Actions (login required)

View Item View Item