KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI

Nur Mujiburrohman, NIM. 10411067 (2018) KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI)
10411067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI)
10411067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

NUR MUJIBURROHMAN. Konsep Kepribadian Guru dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Isam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan mendasar tentang pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan Islam. Salah satu pendidikan Islam di Indonesia ialah pendidikan agama Islam (PAI). Dalam proses pendidikan, guru adalah komponen penentu keberhasilan pendidikan. Aspek dari guru yang paling menentukan dalam proses penanaman nilai adalah kepribadian. Undang-Undang mengatur tentang syarat guru yang harus memiliki kompetensi kepribadian. Namun kenyataannya implementasi konsep kepribadian belum optimal. Sebagian pakar mempertanyakan konsep kompetensi guru yang digagas pemerintah. Oleh karena itu perlu dilakukan rekonseptualisasi kepribadian guru menurut tokoh kontemporer, yakni Fethullah Gulen dan relevansinya dengan kompetensi guru pendidikan agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep yang ditawarkan oleh Fethullah Gulen sebagai tokoh pendidikan sekaligus ulama kontemporer lewat pemikiran dan karyanya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang metode analisisnya adalah metode analisis isi (content analysis), yaitu suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan dengan data yang benar serta memperhatikan konteksnya. deskriptif analisis dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, dibandingkan persamaan dan perbedaannya dengan fenomena tertentu yang diambil bentuk kesamaannya, serta menarik kesimpulan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah, karena penelitian ini mengkaji datadata yang terjadi di masa lalu dengan menggunakan fakta-fakta historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian seorang guru harus memiliki pribadi yang beriman sempurna, pribadi yang penuh harapan, pribadi yang bertanggungjawab dan tidak egois, pribadi yang penuh cinta, pribadi yang bersikap ilmiah dan matang, pribadi yang memiliki perspektif utuh dan menyeluruh, pribadi yang adil dan merdeka, pribadi yang rendah hati dan humanis, pribadi yang mengutamakan kebersamaan, pribadi yang memiliki integritas dan pribadi yang penyabar dan mawas diri serta pribadi berpola pikir matematis dan estetis. Sifat-sifat kepribadian guru yang menurut Fethullah Gulen tersebut relevan dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam, baik yang termuat dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2005 maupun yang menurut pandangan kepribadian Islam. Kata kunci: Kepribadian Guru, Bangkitnya Spiritualitas Islam, Fethullah, Gulen, Relevansi, Kompetensi Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs, H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru, Bangkitnya Spiritualitas Islam, Fethullah, Gulen, Relevansi, Kompetensi Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:47
Last Modified: 13 Nov 2018 06:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30634

Actions (login required)

View Item View Item