STUDI KOMPARATIF KONSEP AKHLAK MURID TERHADAP GURU MENURUT KH. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM KITAB WAZ{AIF AL-MUTA’ALLIM DAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-ALIM WA AL- MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Khusnaeni Khotimah, 11410025 (2018) STUDI KOMPARATIF KONSEP AKHLAK MURID TERHADAP GURU MENURUT KH. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM KITAB WAZ{AIF AL-MUTA’ALLIM DAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-ALIM WA AL- MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF KONSEP AKHLAK MURID TERHADAP GURU MENURUT KH. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM KITAB WAZ{A<IF AL-MUTA’ALLIM DAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADA<B AL-‘A<LIM WA AL- MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF KONSEP AKHLAK MURID TERHADAP GURU MENURUT KH. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM KITAB WAZ{A<IF AL-MUTA’ALLIM DAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADA<B AL-‘A<LIM WA AL- MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya berbagai kasus pelanggaran peserta didik terhadap guru yang membuktikan telah merosotnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep akhlak murid terhadap guru yang ideal menurut KH. Zainal Abidin Munawwir dan KH. Hasyim Asy’ari serta relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang konsep yang ditawarkan kedua kitab tersebut dalam menjelaskan tentang akhlak murid terhadap guru yang ideal, yang kemudian konsep dalam kedua kitab tersebut dibandingkan, serta menganalisis apakah konsep tersebut relevan dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang terangkum dalam kitab Waz{a<if al-Muta’allim dan Ada<b al-‘A<lim wa al- Muta’allim. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis hermeneutis, karena jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan sehingga dapat dengan mudah mengadakan analisis dengan menautkan antara penafsiran teks dengan relevansi konteks. Hasil penelitian menunjukkan : (1) akhlak murid terhadap guru yang ideal dalam kitab Waz{a<if al-Muta’allim karya KH. Zainal Abidin Munawwir dan Ada<b al-‘A<lim wa al- Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari memiliki isi bahwasannya seorang murid harus berakhlak yang baik terhadap seorang guru, baik itu ketika sebelum proses pembelajaran, sedang proses pembelajaran, maupun setelah proses pembelajaran. Dan kedua kitab tersebut tidak terlepas dari landasan Al-Qur’an, hadits maupun maqolah-maqolah para ulama salaf. (2) persamaan antara kedua kitab tersebut yaitu keduanya bersumber dari Al-Qur’an dan hadits, dan dalam menjelaskan juga disertai dengan contoh perilaku yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan perbedaannya yaitu dalam kitab Waz{a<if al-Muta’allim penjelasannya lebih kepada hal-hal yang sifatnya praktis yang dzohir, sedangkan dalam kitab Ada<b al-‘A<lim wa al- Muta’allim lebih kepada sesuatu yang sifatnya dzohir maupun bathin. Dan KH. Hasyim Asy’ari lebih banyak menambahkan maqolah para ulama sebagai penguat sumbernya. (3) relevansi konsep akhlak murid terhadap guru dalam kedua kitab tersebut dengan Pendidikan Agama Islam sangat berkaitan dari segi tujuan, kurikulum, pendidik, peserta didik, dan metode pendidikan Islam. Dari hasil penelitian tersebut dapat menghasilkan konsep yang ideal dan saling melengkapi satu sama lain antara Pendidikan Agama Islam dengan kedua kitab tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. mujahid, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Akhlak Peserta Didik Terhadap Guru, Studi Komparatif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:47
Last Modified: 13 Nov 2018 06:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30635

Actions (login required)

View Item View Item