EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAḤSĪN ALQURAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD AL-ISLAM TAMBAKBAYAN YOGYAKARTA

SUDIANTRI, NIM 11410030 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAḤSĪN ALQURAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD AL-ISLAM TAMBAKBAYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAḤSĪN ALQURAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD AL-ISLAM TAMBAKBAYAN YOGYAKARTA)
11410030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAḤSĪN ALQURAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD AL-ISLAM TAMBAKBAYAN YOGYAKARTA)
11410030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa sebaikbaik manusia adalah yang belajar dan mengajarkan Alquran. Mempelajari taḥsīn merupakan sesuatu yang perlu karena merupakan sarana mempelajari Alquran. SD Al-Islam merupakan sekolah yang memperhatikan pembelajaran taḥsīn Alquran di sekolah. Pembelajaran Alquran yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu setiap anak atau orang yang belajar membaca Alquran agar cepat dan mudah membaca Alquran secara tartil. SD Al-Islam memilih metode ummi dalam pembelajaran Alquran di sekolah. Berdasarkan latarbelakang tersebut, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran taḥsīn metode ummi di sekolah dan apakah pembelajaran taḥsīn menggunakan metode ummi efektif untuk meningkatkan kemampuan taḥsīn siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode campuran atau mix methods dan menggunakan strategi embedded konkuren. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan penalaran induktif dan analisis kuantitatif dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan standar waktu pembelajaran, penerapan pembelajaran taḥsīn Alquran di SD Al-Islam sudah sesuai standar waktu metode ummi. Dalam tahapan pembelajaran, SD Al-Islam sudah melaksanakan 7 tahapan pembelajaran metode ummi namun belum maksimal. Penerapan sistem pembelajaran taḥsīn metode ummi belum diterapkan secara menyeluruh, antara lain: a) tidak semua guru Alquran tersertifikasi metode ummi, artinya 1 dari 9 pilar bangunan mutu ummi belum terpenuhi. b) secara metodologi pembelajaran, SD Al-Islam belum mampu menerapkan 1 dari 4 model pembelajaran metode ummi, yakni model pembelajaran baca simak murni atau model xii pembelajaran ideal. Penerapan metode ummi dalam pembelajaran taḥsīn Alquran di SD Al-Islam tidak efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketercapaian pembelajaran taḥsīn siswa, yakni sebanyak 81.25% siswa tidak lulus taḥsīn sesuai target pembelajaran taḥsīn metode ummi, 6.94% siswa lulus taḥsīn sesuai target pembelajaran taḥsīn metode ummi dan 11.81% siswa lulus taḥsīn di atas target pembelajaran metode ummi. Dari penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa kendala penerapan metode ummi di sekolah, antara lain: a) sulitnya sertifikasi guru. b) kemampuan setiap siswa berbeda-beda. c) guru belum mampu menjadikan pembelajaran kelompoknya menjadi kelompok pembelajaran ideal dengan model pembelajaran ideal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Taḥsīn, Metode Ummi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Nov 2018 13:47
Last Modified: 13 Nov 2018 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum