PENGARUH FREKUENSI PRAKTIKUM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Sri Pamungkas - 04441019, (2009) PENGARUH FREKUENSI PRAKTIKUM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FREKUENSI PRAKTIKUM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FREKUENSI PRAKTIKUM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan sikap ilmiah yang dimiliki oleh siswa MAN Yogyakarta I (2) mengetahui pengaruh frekuensi praktikum terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar kimianya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta I yang terdiri dua kelas (75 siswa) dan sampel dalam penelitian ini adalah populasi tersebut, yaitu kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan soal responsi praktikum. Analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah yang dimiliki oleh siswa MAN Yogyakarta I termasuk kategori tinggi, tidak ada pengaruh yang signifikan frekuensi praktikum terhadap sikap ilmiah siswa dengan to = -1,111 dan ada pengaruh negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan to = 3,573. Adapun rerata kelas XI IPA1 yang melakukan praktikum satu kali terhadap sikap ilmiah adalah sebesar 45,833 dan terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 82,40, sedangkan rerata kelas XI IPA2 yang melakukan praktikum tiga kali terhadap sikap ilmiah adalah sebesar 47,086 dan terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 75,09.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Siti Fatonah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Praktikum, sikap ilmiah, dan prestasi belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2013 11:30
Last Modified: 18 Feb 2016 04:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item