UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PERMAINAN KONSTRUKTIVIS DENGAN MELIBATKAN FAKTOR INTELIGENSI GANDA

TATY ZULAIFAH - NIM: 04461131, (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PERMAINAN KONSTRUKTIVIS DENGAN MELIBATKAN FAKTOR INTELIGENSI GANDA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PERMAINAN KONSTRUKTIVIS DENGAN MELIBATKAN FAKTOR INTELIGENSI GANDA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PERMAINAN KONSTRUKTIVIS DENGAN MELIBATKAN FAKTOR INTELIGENSI GANDA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan metode permainan konstruktivis dengan melibatkan faktor inteligensi ganda dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Prambanan dengan subyek siswa kelas IX D, materi listrik dinamis semester I tahun pelajaran 2008/2009. Metodologi yang digunakan dalam pembelajaran adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan perolehan data sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi serta pelaksanaan tindak lanjut. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengambilan data aktivitas diperoleh melalui lembar observasi siswa, data peningkatan prestasi belajar siswa diperoleh melalui pre test dan post test dan angket tanggapan siswa dengan jumlah subyek penelitian 32 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan persentase. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69,46% dengan kategori tinggi dan pada siklus II sebesar 81,34% dengan kategori sangat tinggi. Besarnya peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke Siklus II yaitu 11,88%. Hasil nilai rata-rata pre test siklus I yaitu 4,03 dan nilai rata-rata post test siklus I yaitu 5,73. Besarnya peningkatan prestasi pada siklus I sebesar 1,7. Hasil nilai rata-rata pre test siklus II yaitu 5,04 dan nilai rata-rata post test siklus II yaitu 7,57. Peningkatan prestasi pada siklus II sebesar 2,53.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode permainan kontruktivis, Aktivitas Siswa, Prestasi Siswa.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2013 12:44
Last Modified: 07 Dec 2016 06:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item