IMPLEMENTASI KULTUR AKADEMIK-RELIGIUS GUNA MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMAN 7 YOGYAKARTA

VELLA B.D MARVELLINA, NIM.1520410024 (2017) IMPLEMENTASI KULTUR AKADEMIK-RELIGIUS GUNA MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMAN 7 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KULTUR AKADEMIK-RELIGIUS GUNA MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMAN 7 YOGYAKARTA)
1520410024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KULTUR AKADEMIK-RELIGIUS GUNA MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI SMAN 7 YOGYAKARTA)
1520410024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kultur akademik-religius guna menanggulangi perilaku bullying antarsiswa di SMAN 7 Yogyakarta, didalamnya mencakup kultur akademik-religius yang ada di SMAN 7 Yogyakarta, implementasi kultur akademik-religius di SMAN 7 Yogyakarta serta hasil implementasi kultur akademik-religius terhadap penanggulangan perilaku bullying antarsiswa di SMAN 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan pola berfikir induktif dengan menarik kesimpulan yang bersifat umum dari fakta – fakta khusus yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kultur akademik-religius yang ada di SMAN 7 Yogyakarta meliputi: kebiasaan membaca, kebiasaan berpikir rasional dan kritis, menghargai pendapat orang lain, kebiasaan menjalankan ajaran agama, mengikuti proses belajar mengajar dengan tekun, penambahan ilmu dan wawasan serta bersikap sopan dan ramah kepada guru dan teman.(2) Implementasi kultur akademik-religius di SMAN 7 Yogyakarta tercermin dalam program sekolah dan program Rohis. Pembentukan kultur akademik-religius dilakukan dengan menggunakan konsep 5P yang meliputi: pembelajaran, peneladanan, pembiasaan, pembudayaan dan perubahan.(3) Hasil dari implementasi kultur akademik-religius guna menanggulangi perilaku bullying antarsiswa menunjukkan hal yang positif dengan tidak adanya geng dan bullying berat di SMAN 7 Yogyakarta. Hasil lainnya adalah terbentuknya karakter religius anak atau siswa, perubahan pola pikir menjadi lebih baik, meningkatnya akhlak al karimah, meningkatnya kualitas pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatnya prestasi siswa. Bukti keberhasilan implementasi kultur akademik-religius di SMAN 7 Yogyakarta tercermin dari penghargaan yang didapat sekolah sebagai Sekolah Unggulan PAI. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang telah berhasil menciptakan suasana sekolah yang sehat dan religius. Suasana sekolah yang sehat dan religius tersebut mampu meningkatkan kreatifitas guru dalam menyampaikan metode pembelajaran serta memotivasi dan mendorong siswa untuk berprestasi di berbagai bidang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kultur Akademik-Religius, Bullying
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2018 18:11
Last Modified: 14 Nov 2018 18:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum