STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN

FAIZUN MARSHUS, NIM. 13410014 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN)
13410014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN)
13410014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak autis sebagai anak yang memiliki kesibukan dengan dunianya sendiri yang ditandai dengan adanya tiga gangguan utama yaitu gangguan interaksi sosial, gangguan komunikasi dan gangguan perilaku yang berdampak pada sulitnya anak untuk fokus dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Dengan demikian pembelajaran anak autis tidak dapat disamakan dengan pembelajaran anak normal. Ada strategi khusus yang diterapkan dalam pembelajaran agar anak autis dapat mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran PAI pada anak autis yang diimplementasikan di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an beserta faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran PAI pada anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an. Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran PAI pada anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajarannya yang sesuai dengan keadaan, kebutuhan dan kemampuan anak. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi ABA (Applied Behavior Analysis) untuk membentuk kepatuhan anak autis, strategi Cycle Time untuk membiasakan ibadah shalat dan perbuatan baik, strategi Chaining untuk membuat anak autis mengerti materi yang disampaikan guru, dan strategi Prompting untuk membantu anak autis melakukan sesuatu dengan benar. Melalui strategi pembelajaran PAI yang sudah diimplementasikan, anak autis telah mampu melaksanakan shalat wajib dan sunnah, membaca Al- Qur’an, menghafal surat-surat pendek yang ada pada juz 30, menghafal doa-doa pilihan, mengetahui rukun Islam dan rukun iman, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan melakukan perbuatan baik. 2) Faktor pendukung meliputi: hafalan yang kuat, keterlibatan orang tua, high function autism, sistem pembelajaran one by one, penganangan multidisiplin ilmu, dan lingkungan belajar yang mendukung. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat: tantrum, sulit fokus, low function autism, cycle time, kurangnya kreativitas guru dalam mengajar dan sarana prasarana yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Suwadi, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, PAI, Anak Autis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2018 09:54
Last Modified: 16 Nov 2018 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum