PERAN PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN PADA MAHASISWI DI ASRAMA HAMASAH SAPEN DEMANGAN YOGYAKARTA

Nurbaiti Khairiyah, NIM. 13410032 (2017) PERAN PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN PADA MAHASISWI DI ASRAMA HAMASAH SAPEN DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN PADA MAHASISWI DI ASRAMA HAMASAH SAPEN DEMANGAN YOGYAKARTA)
13410032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN PADA MAHASISWI DI ASRAMA HAMASAH SAPEN DEMANGAN YOGYAKARTA)
13410032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

NURBAITI KHAIRIYAH. Peran Pendampingan Keagamaan Dalam Pembentukan Sikap Keberagamaan Mahasiswi Di Asrama Hamasah Sapen Demangan Yogyakarta, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa peran pendidikan Islam melalui pendampingan keagamaan dapat membantu untuk membentuk sikap seseorang, kegiatan tersebut sebagai sarana untuk mencapai sikap keberagamaan yang seharusnya dimiliki oleh seseorang yang beragama. Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kegiatan pendampingan keagamaan dan mengetahui peran pendampingan keagamaan dalam membentuk sikap keberagamaan seseorang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pendampingan keagamaan pada mahasiswi di Asrama Hamasah berjalan cukup baik, hal ini ditunjukan dengan adanya kegiatan yang rutin diikuti oleh seluruh mahasiswi di Asrama Hamasah. 2) Pendampingan keagamaan mempunyai dampak positif terhadap sikap keberagamaan mahasiswi. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa hasil sikap keberagamaan mahasiswi terlihat dari sikap sosial, ibadah, dan muamalah serta kecakapan intelektual mengalami peningkatan dilihat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Keagamaan, Sikap Keberagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2018 16:16
Last Modified: 16 Nov 2018 16:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30656

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum