IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KHULĀSAH NŪRUL YAQĪN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW (Studi Di Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta)

KUNI MASRUROH, NIM. 13410073 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KHULĀSAH NŪRUL YAQĪN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW (Studi Di Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KHULĀSAH NŪRUL YAQĪN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW (Studi Di Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta))
13410073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KHULĀSAH NŪRUL YAQĪN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW (Studi Di Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta))
13410073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya minat para santri pada pembelajaran sejarah Nabi Muhammad SAW menggunakan kitab Khulāsah Nūrul Yaqīn, padahal secara umum penyajian materi yang ada di dalam kitab tersebut mudah. Selain itu juga sebagian besar pemahaman santri selama ini dalam memahami pelajaran hanya terbatas pada kitab terjemah. Tujuan diadakanya penilitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implikasi proses pembelajaran tarikh menggunakan Kitab Khulāsah Nūrul Yaqīn terhadap pemahaman sejarah Nabi Muhammad saw pada siswi kelas II Marahalah II A Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan latar Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) Karakteristik Kitab Khulāsah Nūrul Yaqīn diantarannya yaitu: kitab ini bercorak salafi, penyusunannya dimulai dari yang lebih besar terinci ke yang lebih kecil seperti babun dan faslun yang topik pembahasannya dimulai dari mulai hijrahnya Nabi Muhammad yang pertama, materi bersumber dari Al-Qur’an, materi disajikan secara runtut, kitab yang tipis ini termasuk kitab klasik maka dalam kitab ini tidak memiliki biografi penulis, pola penulisan dimulai dari topik yang masih bersifat umum menjadi sub topik atau bagian-bagian yang lebih kecil dan khusus yang di buat poin-poin dalam sub babnya. (2) Implikasi proses pembelajaran tarikh menggunakan Kitab Khulāsah Nūrul Yaqīn Jilid II terhadap pemahaman sejarah Nabi Muhammad saw pada siswi kelas II Marahalah II A Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri meliputi persyaratan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Implikasi proses pembelajaran tarikh menggunakan Kitab Khulāsah Nūrul Yaqīn dinilai baik yang berarti siswi sudah mampu memahami pelajaran tarikh, karena pada prosesnya siswi sudah mampu mencapai ketiga aspek yaitu (a) siswi sudah mampu menerjemahkan kitab yaitu dari bahasa Arab ke makna pegon atau dari makna pegon diterjemah kedalam bahasa Indonesia, (b) siswa sudah mampu menginterprestasi yaitu mengenal atau memahami ide pokok materi yang disajikan, (c) siswa mampu mengekstrapolasi materi yang terdapat pada kitab, dan menyimpulkan isi materi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Khulāsah Nūrul Yaqīn, Pemahaman Sejarah Nabi Muhammad SAW.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Nov 2018 13:16
Last Modified: 21 Nov 2018 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum