LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI DALAM MENANGANI MASALAH KENAKALAN SISWA BERDASARKAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA

ATIH FATMIANI, NIM. 13410087 (2018) LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI DALAM MENANGANI MASALAH KENAKALAN SISWA BERDASARKAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI DALAM MENANGANI MASALAH KENAKALAN SISWA BERDASARKAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
13410087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI DALAM MENANGANI MASALAH KENAKALAN SISWA BERDASARKAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
13410087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini ialah Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul adalah salah satu madrasah yang berbasis agama. Masyarakat berpandangan bahwa siswa yang sekolah di madrasah, mereka adalah siswa yang memiliki pemahaman agama yang lebih dari sekolah umum lainnya. Selain itu, telah dijumpai beberapa siswa yang berada di luar sekolah yaitu di warung dan bengkel sekitar madrasah saat jam pelajaran. Banyak juga beredar cerita tentang banyak siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah dan sudah termasuk tindak kenakalan seperti membolos dan berkelahi. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah apa saja bentuk kenakalan, pelaksanaan layanan bimbingan sosial pribadi dalam mengatasi masalah kenakalan siswa berdasarkan nilai pendidikan agama islam, dan tindakan pencegahannya di MAN 1 Bantul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk layanan bimbingan sosial pribadi terhadap kenakalan siswa dan pencegahan yang dilakukan di MAN 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian: (1) bentuk kenakalan di dalam layanan bimbingan sosial pribadi adalah perkelahian, membolos, berpacaran, dan merokok. (2) Layanan bimbingan sosial pribadi merupakan usaha membantu siswa dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, perencanaan, pengembangan karir, dan pencegahan kenakalan. Layanan bimbingan sosial pribadi dilakukan dengan layanan konseling pribadi dan bimbingan kelompok. Layanan konseling pribadi bisa dilakukan di mana saja sedangkan bimbingan kelompok dilakukan di dalam kelas. Bentuk layanan adalah berupa nasehat, motivasi, dan arahan. Nilai pendidikan islam yang diterapkan dalam layanan bimbingan sosial pribadi adalah bersabar, tolong menolong, mengajak kebaikan, memberi rasa aman, bermusyawarah dalam pengambilan keputusan, menghargai pendapat orang lain, bertaubat, berteman dengan orang baik, memiliki control diri, dan adil. (3) secara kuratif adalah memberikan penyuluhan untuk siswa yang melakukan kenakalan seperti memberikan terapi, secara prefentif contohnya memberikan arahan tentang pergaulan remaja, dan dengan cara pembinaan contohnya memberikan sanksi dan meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M. Si
Uncontrolled Keywords: bentuk kenakalan dan proses layanan berdasar nilai pendidikan islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2018 13:49
Last Modified: 23 Oct 2018 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum