PENDIDIKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS DI TK ABA MARGOKATON 2 SEYEGAN

RIYAS RAHMAWATI, NIM.1520431016 (2017) PENDIDIKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS DI TK ABA MARGOKATON 2 SEYEGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS DI TK ABA MARGOKATON 2 SEYEGAN)
1520431016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS DI TK ABA MARGOKATON 2 SEYEGAN)
1520431016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di zaman yang modern ini banyak sekali sekolah berbasis al-Islam yang mengajarkan tentang pendidikan nilai agama dan moral. Akan tetapi kebanyakan mereka memberikan pendidikan tersebut hanya pada saat kegiatan belajar mengajar bidang PAI (Pendidikan Agama Islam), belum menyeluruh dan masih sebatas teori saja. Mereka belum banyak mempraktekkan atau membiasakan anak didiknya untuk mengamalkannya. Sehingga anak didik baru sebatas mengerti dan mengenal saja mengenai hal-hal yang baik, mereka belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kasus tersebut, mengakibatkan masih banyaknya anak didik yang menyimpang dari nilai agama padahal mereka mengerti tentang nilai-nilai kebaikan. Hal tersebut terjadi karena mereka hanya mendapatkan teorinya, belum banyak mempraktekkan dan membiasakan diri dalam setiap tingkah lakunya. TK ABA Margokaton 2 Seyegan merupakan sekolah Taman Kanak-Kanak berbasis al-Islam yang memberikan pendidikan nilai agama dan moral dengan menisipkan setiap kegiatan yang ada di sekolah, salah satunya melalui kegiatan bermain sains. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi peneltian yang digunakan adalah TK ABA Margokaton 2 Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi terlibat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan nilai agama dan moral melalui kegiatan bermain sains di TK ABA Margokaton 2 Seyegan menggunakan 8 metode, yaitu: Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi, Metode Bercerita, Metode Tanya Jawab, Metode Karya Wisata, Metode Bernyanyi, Metode Proyek, dan Metode Pemberian Tugas. Faktor yang mempengaruhi pendidikan nilai agama dan moral di TK ABA margokaton 2 adalah: (a) Faktor Pendukung, antara lain dipengaruhi oleh: lingkungan sekolah, guru, dan teman (b) Faktor Penghambat dipengaruhi oleh: Kurang kerjasama antara guru dengan orang tua/ wali murid, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan kecanggihan teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan, nilai agama dan moral, kegiatan bermain sains, usia 5-6 tahun
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Nov 2018 13:16
Last Modified: 21 Nov 2018 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30664

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum