NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ABDUL FARIZ AZIZI, NIM: 13410100 (2018) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (244kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada zaman ini, tuntutan menjadi seorang pemimpin yang menjadi suritauladan yang baik untuk masyarakat sangatlah dibutuhkan di masyarakat pada era sekarang. Sebagai seorang guru agama, ia dituntut untuk memenuhi kompetensi kepemimpinannya, karena seorang guru agama bukan hanya menjadi seorang pendidik saja tetapi ia juga bisa sebagai tokoh agama di masyarakat yang mengerti agama secara lebih. Dalam surah al- Baqarah ayat 30, al-Maidah ayat 51-53 dan al-Kahfi ayat 83-90 menjelaskan bahwa nilai-nilai pemimpin yang terkandung ayat tersebut yaitu harus memiliki akhlak yang mulia, cinta kasih sayang, memberikan motivasi, pelindung serta toleran terhadap masyarakat, memiliki emosi yang stabil, dan memiliki keterampilan sosial. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai kepemimpinan islam dalam surah al-Baqarah ayat 30, al-Maidah ayat 51-53, al-Kahfi ayat 83-90 dan bagaimana relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kepemimpinan dalam surah al-Baqarah ayat 30, al-Maidah ayat 51-53, al-Kahfi ayat 83-90 dan relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode analisis isi (Content Analisys) yaitu dengan memberikan pengertian pada isi tersebut dan makna terhadap datadata yang berhasil dikumpulkan sehingga bisa ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: pertama, larangan menjadikan non muslim sebagai pemimpin masyarakat muslim, kedekatan pemimpin terhadap masyarakatnya, menjadikan pemimpin yang baik yang dapat menangkap aspirasi masyaraktnya, sebagai pemimpin harus bisa merangkul masyarakatnya secara adil walaupun beda agama, harus memiliki akhlak yang mulia, cinta kasih sayang, memberikan penolong dan pelindung, toleran. Kedua, relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam, yakni: (1) kemampuan membuat perencanaan pembudayaan pengamalan ajaran agama dan perilaku akhlak mulia, (2) kemampuan mengorganisasikan potensi unsur sekolah secara sistematis, (3) kemampuan menjadi innovator, motivator, fasilitator, pembimbing dan konselor, (4) kemampuan menjaga, mengendalikan dan megarahkan pembudayaan pengamalan ajaran agama dan menjaga keharmonisan hubungan antar pemeluk agama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Maragustam, MA
Uncontrolled Keywords: Nilai Kepemimpinan, Kompetensi Kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Oct 2018 08:19
Last Modified: 24 Oct 2018 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30666

Actions (login required)

View Item View Item