IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK BERIMAN DAN BERKEPRIBADIAN SEBAGAI PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGDALEM PURWOREJO

TEGUH MULYONO, NIM. 13410121 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK BERIMAN DAN BERKEPRIBADIAN SEBAGAI PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGDALEM PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK BERIMAN DAN BERKEPRIBADIAN SEBAGAI PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGDALEM PURWOREJO)
13410121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK BERIMAN DAN BERKEPRIBADIAN SEBAGAI PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGDALEM PURWOREJO)
13410121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada jam pelajaran normal saja belumlah cukup untuk membentuk kepribadian siswa. Pelaksanaaan sebuah kegiatan keagamaan diluar jam pelajaran terutama dijenjang-jenjang yang dasar seperti PAUD, MI dan SD akan sangat membantu dalam mengembangkan ranah afektif siswa. Sesuai dengan ajaran Islam bahwa pendidikan dilakukan sejak pranikah, nikah, ketika janin dalam kandungan, ketika anak lahir sampai sekolah, dan ketika anak pada usia sekolah sampai bisa mandiri. Usia 6 sampai 12 tahun merupakan masa peralihan dari masa prasekolah ke masa sekolah dasar atau perpindahan dari kanak-kanak awal ke masa kanak-kanak akhir sampai menjelang pubertas. Masa ini amatlah sangat menentukan perkembangan kepribadian anak. Apakah nantinya anak akan memiliki akhlak yang baik (akhlaqul karimah) atau justru sebaliknya yaitu memiliki akhlak yang buruk (akhlaqul madzmumah) tergantung pada proses pendidikan agama yang ia dapatkan. Pelaksanaan kegiatan keagamaan yang mendukung pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas sangat diperlukan agar peserta didik memperoleh pemahaman yang sempurna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, mengambil latar di SD Negeri Karangdalem Purworejo. Metode pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan program kegiatan Anak beriman dan Berkepribadian di SD Negeri Karangdalem Purworejo baik bentuk dan pelaksanaannya serta untuk mengetahui kontribusi program tersebut dalam mengembangkan ranah afektif siswa khususnya siswa kelas V. Analisis data dengan memilah, menyeleksi data yang didapatkan, selanjutnya diolah, melakukan interpretasi dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, Program kegiatan Anak Beriman dan Berkepribadian terbagi menjadi 2 macam yakni, a) kegiatan keagamaan harian yang berisi; kajian rutin, tadarrus juz ‘amma dan baca tulis al-Qur’an yang dilaksanakan setiap hari Kamis dan Sabtu pukul 11.00, b) kegiatan keagamaan tahunan berisi; wisuda Anak Beriman dan Berkepribadian, pesantren kilat dan kegiatan zakat fitrah. Kedua, Anak Beriman dan Berkepribadian memiliki kontribusi terhadap perkembangan ranah afektif siswa hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan sikap dan minat pada tingkat afektif 1) receiving (penerimaan) dilihat dari karakteristik minat yaitu a) bersemangat belajar mengaji dirumah, b) senang mengenakan pakaian Islami. 2) responding (menanggapi) dilihat dari karakteristik minat yaitu minat siswa terhadap mata pelajaran PAI dan 3) valuing (penilaian) dapat dilihat dari karakteristik sikap yaitu a) terbiasa mengucapkan salam kepada guru, b) terbiasa sholat tepatwaktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Afektif, Pendidikan Agama Islam, Kegiatan Keagamaan, Pengembangan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Nov 2018 15:56
Last Modified: 14 Jan 2019 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum