PERANAN GERAKAN SENJA KELUARGA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI DALAM KELUARGA DI DUSUN WONOSOBO, PLOBANGAN, SELOMERTO, WONOSOBO

FANDHON SETIYANTO, NIM. 13410134 (2018) PERANAN GERAKAN SENJA KELUARGA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI DALAM KELUARGA DI DUSUN WONOSOBO, PLOBANGAN, SELOMERTO, WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GERAKAN SENJA KELUARGA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI DALAM KELUARGA DI DUSUN WONOSOBO, PLOBANGAN, SELOMERTO, WONOSOBO)
13410134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GERAKAN SENJA KELUARGA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI DALAM KELUARGA DI DUSUN WONOSOBO, PLOBANGAN, SELOMERTO, WONOSOBO)
13410134_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kesibukan dan kurangnya perhatian orang tua dapat melahirkan ketidakharmonisan dalam keluarga. Kemodernan, dengan kecanggihan teknologi informasinya, terutama televisi dan smartphone, juga dapat merenggut perhatian orang tua terhadap anak. Akibatnya, anak pun mencari perhatian di luar keluarga, kadang tidak peduli baik-buruknya. Alhasil, anak pun menjadi abai terhadap orang tua, tidak peduli moral-etika, melanggar norma-norma, pembangkang, dan puncaknya terlibat kenakalan remaja, bahkan kriminalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan Gerakan Senja Keluarga serta peranannya dalam menanamkan sikap sosial anak sebagai implementasi Kurikulum 2013 di keluarga di Dusun Wonosobo, Plobangan, Selomerto, Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Adapun instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, dengan menempatkan diri sebagai observer. Analisis data yang dilakukan adalah analisis naratif melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pelaksanaan Gerakan Senja Keluarga di Dusun Wonosobo dimulai saat azan magrib dengan mematikan televisi, kemudian salat magrib diutamakan berjamaah di masjid, berdzikir, tadarus dan mengkaji Al-Quran, dilanjutkan mengajarkan dan menanamkan moral, budi pekerti, nilai-nilai dan sikap-sikap sosial, saling berkomunikasi, makan bersama, dan diakhiri salat isya diutamakan berjamaah di masjid, serta mengarahkan atau membimbing anak belajar. Mematikan televisi, mengajarkan dan menanamkan moral, budi pekerti, nilai dan sikap-sikap sosial, saling berkomunikasi, makan bersama, serta mengarahkan anak belajar secara umum sudah berjalan kontinu dan konsisten. Adapun salat magrib dan isya berjamaah di masjid, berdzikir, tadarus dan mengkaji Alquran belum berjalan kontinu dan konsisten. (2) Gerakan Senja Keluarga memiliki peranan dalam menanamkan sikap-sikap sosial Kurikulum 2013, jujur, disiplin, bertanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri dalam diri anak. Peranannya adalah sebagai family time atau waktu untuk berkumpul, berkomunikasi dan bercengkerama bersama keluarga. Senja Keluarga juga menjadi salah satu saluran bagi orang tua dalam menanamkan nilainilai dan sikap-sikap sosial dalam diri anak. Selain itu, karena waktu Senja Keluarga cenderung santai, tenang dan akrab, upaya orang tua dalam menanamkan sikap-sikap sosial dalam diri anak menjadi lebih intensif dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Senja Keluarga, sikap sosial, anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Nov 2018 15:57
Last Modified: 21 Nov 2018 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum