INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NAZAM ALALA DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

Mohammad Ulin Nuha, 12420013 (2018) INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NAZAM ALALA DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NAZAM ALALA DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12420013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NAZAM ALALA DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12420013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

Mohammad Ulin Nuha. Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendidikan Akhlak dalam Kitab l di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi nilai-nilai akhlak dalam kitab terhadap pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah, dengan perincian integrasi filosofis, integrasi materi dan integrasi metodologis. Setelah mengamati secara rinci, bahwa dalam pembelajaran kitab juga terdapat pembelajaran bahasa Arab di dalam pelaksanaannya, maka penelitian ini diharapakan memberikan masukan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran Kitab l ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-kualitatif dengan mengakses sumber data primer maupun sekunder. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengkaji pembelajaran di kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada ada integrasi dari keduanya, Hanya saja karena kitab ini dikaji di kelas yang mayoritas baru mengenal teks-teks Arab, maka kaidah-kaidah dari teks maupun kosa kata yang seharusnya memerlukan kajian lebih agar diperoleh kepahaman yang benar tidak terlalu ditekankan, tetapi hanya sebagai sebuah pengenalan bagi mereka agar mulai terbiasa bertemu dengan teks-teks Arab sehingga setelah ke kelas atasnya mereka sudah mulai mampu mengkaji teks-teks Arab secara baik. Meskipun begitu, setidaknya dari sekian banyak teks Arab dalam kitab , tentu ada satu, dua kosa kata yang menambah perbendaharaan para santri, juga pengetahuan dari kaidah kata-katanya, walau memang pastinya tidak banyak. Selain itu juga, karena tujuan awal dari pembelajaran kitab adalah untuk mentransfer kandungannya yang berupa akhlak, maka pantas saja apabila sisi kebahasaannya tidak terlalu ditekankan dari sisi materinya. Akhirnya bahwa secara umum seharusnya ada implikasi kuat antara pembelajaran bahasa Arab dan pembelajaran akhlak dalam kitab , tapi karena para peserta didik masih merupakan pemula, maka integrasi yang dihasilkan hanya sebatas secara integrasi filosofis dan metodologis secara khusus dan integrasi materi secara umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendidikan Akhlak, Kitab Nazal Alala
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Dec 2018 15:39
Last Modified: 03 Dec 2018 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30677

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum