PENGARUH INTERAKSI SOSIAL SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM TERHADAP SIKAP TOLERAN DALAM BERAGAMA DI SMP NEGERI 2 MAGELANG

LISDIYANA NURUL JANNATI, NIM. 14410117 (2018) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM TERHADAP SIKAP TOLERAN DALAM BERAGAMA DI SMP NEGERI 2 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTERAKSI SOSIAL SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM TERHADAP SIKAP TOLERAN DALAM BERAGAMA DI SMP NEGERI 2 MAGELANG)
14410117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTERAKSI SOSIAL SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM TERHADAP SIKAP TOLERAN DALAM BERAGAMA DI SMP NEGERI 2 MAGELANG)
14410117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa siswa non muslim sebagai minoritas di sekolah biasanya mendapatkan perlakuan diskriminatif dengan siswa muslim yang menjadi mayoritas di sekolah. Perbedaan agama yang ada di sekolah ini akan menimbulkan konflik. Namun pada kenyataannya, di SMP Negeri 2 Magelang tidak ada pendiskriminasian dan kesenjangan sosial bagi siswa yang memiliki agama minoritas di sekolah. Walaupun terdapat agama yang beragam, tidak terjadi konflik diantara siswa dikarenakan mereka memiliki sikap toleransi satu dengan yang lainnya. Siswa saling berinteraksi dengan siswa lainnya meskipun terdapat perbedaan agama. Dalam penelitian ini, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana interaksi sosial yang dibangun siswa muslim kepada siswa non muslim di SMP Negeri 2 Magelang, bagaimana bentuk sikap toleran yang ditunjukkan siswa dalam keberagaman beragama di SMP Negeri 2 Magelang, dan adakah pengaruh interaksi sosial siswa muslim dengan non muslim di SMP Negeri 2 Magelang terhadap sikap toleran dalam keberagaman beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan product moment dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS tipe 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial yang dibangun siswa muslim dan siswa non muslim berada pada kategori cukup baik. Sikap toleran terhadap keragaman beragama berada pada kategori sedang. Tidak ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial siswa dengan sikap toleran dalam keberagaman beragama di SMP Negeri 2 Magelang ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi rhitung = 0,198 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dan jumlah responden = 30 siswa sehingga diperoleh rtabel = 0,361. Dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rtabel > rhitung maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Hasil koefisien determinasinya sebesar 0,039 yang menggambarkan bahwa dalam penelitian ini kontribusi atau sumbangsih dari interaksi sosial dalam memengaruhi sikap toleran adalah sebesar 3,9%. Sisanya sebesar 96,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, siswa, sikap toleran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:52
Last Modified: 12 Dec 2018 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum