EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 3 MAJALENGKA TAHUN AJARAN 2017/2018

MINHATUL MUGHITSAH, 13420025 (2017) EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 3 MAJALENGKA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 3 MAJALENGKA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 3 MAJALENGKA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Minhatul Mughitsah. 13420025. Eksperimentasi Metode Cooperative Learning Dengan Teknik Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Majalengka Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Negeri 3 Majalengka masih berpusat pada guru dan siswa tampak kesulitan dalam mempelajarinya. Disamping itu metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional sehingga hasil belajar bahasa Arab siswa masih belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui penerapan metode cooperative learningdengan teknik two stay two straydalam pembelajaran bahasa Arab, (2) mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa setelah diterapkan metode cooperative learning dengan teknik two stay two stray, dan (3) mengetahui perbedaan signifikan antara kelas eksperimendan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design. Obyek yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji independent samples t-test melalui progam SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode cooperative learning teknik two stay two straydi kelas VIII A diawali dengan membagi siswa menjadi 8 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 anggota kemudian memberikan materiyang berbeda untuk di diskusikan. Setelah berdiskusi setiap kelompok mengutus 2 orang (tamu), utusan pertama ke 4 kelompok dan utusan kedua ke 4 kelompok lainnya. Kemudian setiap kelompok (tuan rumah) menjelaskan hasil diskusi ke utusan. 2 utusan kembali ke kelompoknya dan menjelaskan hasil ke kelompok mereka. Di akhir pembelajaran guru memberikan postest pada setiap kelompok. (2) Hasil belajar bahasa Arab siswa setelah menggunakan metode cooperative learning dengan teknik two stay two stray mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 33.97 menjadi 72.44. (3) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data melalui uji-Tindependent samples t-test dan menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning dengan teknik two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi MA.
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Learning, Teknik Two Stay Two Stray, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:52
Last Modified: 12 Dec 2018 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum