POLA BELAJAR MAHASISWA PEKERJA PART-TIME (Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

DEBRINA DWI WIBAWA R., NIM. 14410102 (2018) POLA BELAJAR MAHASISWA PEKERJA PART-TIME (Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA BELAJAR MAHASISWA PEKERJA PART-TIME (Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
14410102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (POLA BELAJAR MAHASISWA PEKERJA PART-TIME (Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
14410102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Menjadi seorang mahasiswa mempunyai tugas pokok yakni belajar. Pola belajar merupakan masalah penting yang harus diperhatikan oleh setiap mahasiswa untuk menunjang prestasi belajarnya. Namun, dikalangan mahasiswa juga terdapat mahasiswa yang sekaligus sebagai pekerja part-time di beberapa tempat di Yogyakarta. Fenomena maraknya mahasiswa pekerja patime ini dapat menjadi perhatian khusus, dan juga tantangan bagi sebagian orang. Mahasiswa pekerja part-time banyak menghabiskan waktu belajarnya justru untuk bekerja. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok masalah tentang : 1) pola belajar mahasiswa pekerja part-time Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2) hambatan dan solusi dalam belajar mahasiswa pekerja part-time jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang mana dalam penelitian ini, metode pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu pendidikan. Ilmu pendidikan dipilih karena merupakan suatu pendekatan yang tersusun secara sistematis dengan memiliki metode tertentu yang bersifat ilmiah untuk dapat menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala atas peristiwa yang berkaitan dengan masalah pendidikan. Peneliti menggunakan pendekatan ini untuk mengetahui pola belajar mahasiswa dan mangetahui permasalahan yang muncul beserta solusi yang digunakan oleh mahasiswa pekerja part-time jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) pola belajar yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa pekerja part-time adalah pola belajar mandiri karena dapat disesuaikan dengan jadwal bekerja 2) permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswa pekerja part-time adalah pembagian waktu belajar dan masalah kesehatan yang sering merasa kelelahan atau bahkan sakit. Berdasarkan pokok masalah yang dihadapi oleh mahasiswa pekerja part-time, mereka mampu mengatasi permasalahan yang muncul dengan melakukan menejemen diri, re-scheduling kegiatan yang diprioritaskan, dan lebih memanfaatkan jika terdapat waktu luang. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh mahasiswa pekerja part-time dapat dikatakan berhasil, dengan indikator indeks prestasi kumulatif rata-rata mereka mencapai 3.5. Dari delapan mahasiswa pekerja part-time, terdapat satu mahasiswa yang belum dikatakan berhasil karena indeks prestasi kumulatif masih dibawah 3.5, hal ini karena solusi yang ia lakukan belum sesuai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bekerja part-time dapat dilakukan oleh mahasiswa dan tidak mengganggu kegiatan perkuliahan, dengan syarat mampu memenejemen diri dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar, Mahasiswa, Pekerja part-time
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:53
Last Modified: 12 Dec 2018 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum