INTERAKSI EDUKATIF GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs N 6 KULON PROGO

KARTIKA JULIANA, NIM. 13410170 (2018) INTERAKSI EDUKATIF GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs N 6 KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI EDUKATIF GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs N 6 KULON PROGO)
13410170_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI EDUKATIF GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs N 6 KULON PROGO)
13410170_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan interaksi edukatif memiliki tujuan yang jelas dalam proses pembelajaran. Bentuk interaksi edukatif yang dilakukan dapat berbagai macam. Guru sebagai subyek memiliki peran penting dalam kegiatan pendidikan tidak hanya sebagai pengajar. Selain itu, dalam kegiatan interaksi belajar mengajar peserta didik juga sebagai subyek yang dalam interaksinya memiliki peran aktif dalam berjalannya kegiatan belajar mengajar. Hubungan guru dan peserta didik harus bersifat edukatif agar proses timbal balik dalam kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai tujuan. Penelitian ini juga untuk mengetahui implikasi interaksi edukatif guru terhadap pembentukan karakter peserta didik di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di MTs N 6 Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif yang dilakukan guru akidah akhlak di MTs N 6 Kulon Progo dan untuk mengetahui implikasi dari interaksi edukatif terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs N 6 Kulon Progo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru akidah akhlak yang berlangsung di MTs N 6 Kulon Progo sudah berlangsung dengan sangat baik antara guru dengan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik. Karena peran guru tidak hanya dalam hal pengajaran namun juga dalam usaha pembentukan karakter dan akhlak peserta didik maka guru juga membimbing, mengarahkan, memotivasi dan memberikan contoh dan teladan disetiap kegiatan belajar-mengajar yang dilakukannya. Sehingga interaksi edukatif guru dapat berimplikasi terhadap pembentukan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Interaksi edukatif dalam proses pembelajaran, dalam pembentukan karakter peserta didik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:54
Last Modified: 12 Dec 2018 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum