PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PERSPEKTIF PAI (Mengacu pada Kasus PKBI DIY)

SRI SHAFIYYAH AINI ANISA, NIM. 13410217 (2018) PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PERSPEKTIF PAI (Mengacu pada Kasus PKBI DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PERSPEKTIF PAI (Mengacu pada Kasus PKBI DIY))
13410217_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PERSPEKTIF PAI (Mengacu pada Kasus PKBI DIY))
13410217_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan pendidikan di Indonesia yang belum bisa mengatasi masalah merosotnya moral pelajar remaja, terutama dalam masalah seks bebas. Sehingga remaja memerlukan pendidikan kesehatan reproduksi untuk mengurangi masalah pada dirinya. PKBI DIY merupakan LSM yang aktif menggeluti masalah kesehatan reproduksi salah satunya dengan menyelenggarakan sosialisasi dan pengadaan klinik. Adapun materi kesehatan reproduksi remaja yang disosialisasikan oleh PKBI DIY juga memerlukan sentuhan nilai agama agar pelajar tidak hanya mengetahui akan bahaya masalah kesehatan reproduksi oleh bidang kesehatan dan UU tetapi PAI juga punya pandangan sendiri serta dapat menjelaskan materi tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Subjek penelitiannya adalah koordinator Pustragersos, koordinator divisi PRS, dan relawan di PKBI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pendidikan kesehatan reproduksi remaja di PKBI DIY terdiri dari Turun Lapangan, Workshop, Pertemuan Orang Tua, dan Pertemuan Guru dimana secara keseluruhan di rencanakan menggunakan short term planning dan evaluasi dilakukan secara verbal dan non verbal. 2) Perspketif PAI tentang pendidikan kesehatan reproduksi di analisis berdasarkan aspek pendidikan SKI, aspek pendidikan Al-Quran dan Hadist, aspek pendidikan Akidah, aspek pendidikan Akhlak, dan aspek pendidikan Fikih dimana melalui hasil penelitian bahwa PAI dapat di integrasikan dengan materi kesehatan reproduksi remaja, karena pendidikan seks atau pendidikan kesehatan reproduksi remaja perlu di bekal iman yang kuat agar melahirkan perilaku atau sikap yang baik dan bernilai ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja, PAI, PKBI DIY.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:55
Last Modified: 12 Dec 2018 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum