STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN

NOVIANTI DYAH AYU WIDIASTUTI, NIM. 13410235 (2018) STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
13410235_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
13410235_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya siswa yang memiliki prestasi PAI tinggi, dipengaruhi oleh kompetensi profesional guru PAI yang tinggi. Oleh karenanya, perlu diadakan penelitian tentang studi korelasi antara kompetensi profesional Guru PAI dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Banguntapan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Banguntapan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5% sehingga berdasarkan ketentuan dari Isaac dan Michael jumlah sampelnya sebanyak 84 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi professional guru PAI di SMP N 1 Banguntapan berada dalam kategori “Sedang”. 2) Nilai prestasi belajar siswa di SMP N 1 Banguntapan berada dalam kategori “Tinggi”. 3) Ada hubungan positif antara kompetensi professional guru PAI dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:55
Last Modified: 12 Dec 2018 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum