PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS KELAS 4 SD/MI BERBASIS TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS)

Danar Kusuma, S.Pd., NIM: 1420421004 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS KELAS 4 SD/MI BERBASIS TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS KELAS 4 SD/MI BERBASIS TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS))
1420421004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS KELAS 4 SD/MI BERBASIS TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS))
1420421004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar mata pelajaran sains kelas 4 SD/MI berbasis TIMSS dan untuk mengetahui hasil validasi pengembangan bahan ajar mata pelajaran sains kelas 4 SD/MI berbasis TIMSS. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan buku ajar penunjang pembelajaran science TIMSS tingkat SD ini dilakukan dengan cara yang pertama mendata kompetensi dasar TIMSS, kemudian mendata kompetensi dasar kelas 4 SD kurikulum KTSP. Setelah itu dicari SK dan KD kurikulum KTSP yang tidak ada di TIMSS. Ditemukan ada 10 kompetensi dasar yang ada di TIMSS dan belum diajarkan di kelas 4 SD di Indonesia. Dari hasil temuan tersebut, dbuatlah bahan ajar IPA kelas 4 berbasis TIMSS dengan menggunakan metode reseach and development. Efektifitas uji coba produk dilakukan dengan: (a) melaksanakan pembelajaran science dan menguji pemahaman siswa dengan soal-soal evaluasi, dengan membandingkan dua kelas yang menggunakan dan tanpa bahan ajar penunjang. Berdasarkan hasil uji coba tersebut. Pada kelas kontrol diperoleh nilai pre-test dengan rata-rata skor 62,375 dan post-test 65,375, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai pre-test dengan rata-rata skor 60 dan post-test 72,875. Berdasarkan analisis dengan SPSS 22 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.01 < 0.05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-test , maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar penunjang pembelajaran science TIMSS berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA dinyatakan diterima. Secara umum bahan ajar yang dikembangkan memiliki peran terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi TIMSS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed
Uncontrolled Keywords: TIMSS, Kelas 4, Bahan Ajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:55
Last Modified: 12 Dec 2018 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum