PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Sri Nur Rohani, NIM: 1520421011 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP)
1520421011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP)
1520421011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas pengembangan bahan ajar matematika yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika yang jarang menggunakan pendekatan sesuai standar Pemerintah. Selain itu guru juga kesulitan menyusun bahan ajar yang mampu memfasilitasi tercapainya pengetahuan konseptual matematis dan pengetahuan prosedural matematis dengan seimbang. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan standar proses pembelajaran matematika yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) cara mengembangkan bahan ajar matematika berbasis pemecahan masalah untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan pemahaman konsep; 2) kualitas bahan ajar matematika berbasis pemecahan masalah untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan pemahaman konsep; 3) tercapainya pemahaman konsep siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis pemecahan masalah; 4) respon guru dan siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis pemecahan masalah untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan pemahaman konsep Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). langkah-langkahnya mengacu pada pengembangan model 4D. Subyek penelitian tesis ini adalah guru dan siswa kelas V-B MI Taufiqiyah, Tembalang, Semarang. Data dikumppulkan melalui studi putaka, wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah yang dilakukan dalam mengembangkannya ialah pertama mendefinisikan syarat-syarat pengembangan bahan ajar, kedua merancang produk berdasarkan hasil analisis tahap pendefinisian, dan ketiga adalah tahap pengembangan dengan memvalidasi rancangan produk kepada ahli dan mengimplementasikannya pada uji coba terbatas dan uji coba diperluas kepada guru dan siswa kelas V MI Taufiqiyah; 2) Kualitas bahan ajar berbasis pemecahan masalah untuk memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep siswa secara keseluruhan masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 4,3; 3) Pemahaman konsep siswa dalam menggunakan bahan ajar berbasis pemecahan masalah tercapai dengan nilai ratarata sebesar 2,7 dan masuk dalam kategori cukup; 4) Guru menyatakan bahwa bahan ajar berbasis pemecahan masalah untuk memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep siswa merupakan bahan ajar yang baru bagi siswa, sehingga dalam optimalisasi pelaksanaannya membutuhkan waktu penyesuaian bagi siswa. Guru juga menyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat berfungsi sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Adapun respon siswa secara umum setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan adalah baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,9.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Matematika, Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2018 09:13
Last Modified: 01 Nov 2018 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum