ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Purwanto, NIM: 1520421028 (2018) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN)
1520421028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN)
1520421028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (695kB)

Abstract

Bagi masyarakat Indonesia yang majemuk konsep pendidikan multikultural diharapkan bukan hanya wacana. Oleh karenanya salah satu caranya dengan menggunakan jalur pendidikan. Pendidikan yang menanamkan nilai-nilai multikultural, merupakan pendidikan yang tepat untuk diterapkan. Penggunaan kurikulum dan metode pembelajaran yang tepat akan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Dalam proses pembelajaran diperlukan buku ajar untuk mendukung proses pembelajaran. Karena buku merupakan salah satu unsur sumber belajar yang menunjang berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Adanya ketentuan yang diatur oleh pemerintah tentang standar isi buku mata pelajaran pada kurikulum 2013, hal ini yang menjadi latar belakang masalah penulis dalam menentukan judul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 kelas IV di SD Negeri Lembeyan Kulon 1 Kabupaten Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada buku ajar PAI Kurikulum 2013 kelas IV. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya ketersediaan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku ajar PAI Kurikulum 2013 kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai multikultural yang dikembangkan dalam buku ialah nilai demokrasi, toleransi, kesetaraan gender, dan keadilan. 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI yang diintegrasikan dengan nilai multikultural dilakukan melalui penyusunan RPP, metode dan media pembelajaran. 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru telah disesuaikan dengan RPP, langkahlangkah yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu: a. Nilai demokrasi. (1) Guru meminta salah satu memimpin do’a yang ditunjuk seluruh siswa, b. Nilai toleransi. (1) Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah al-Falaq hingga hafal. Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka (Pelajaran 1), (2) Guru meminta peserta didik mendiskusikan tentang mengenal Allah melalui al- Qur'an (peserta didik diharapkan mampu menulis ayat dan artinya) dan menjelaskan dengan singkat sesuai kemampuan, (Pelajaran 2) c. Nilai keadilan, (1) Guru membimbing peserta didik menyempurnakan tulisannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Multikultural, Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti, Implementasi Pembelajaran, Value of Multicultural Education, Textbook of PAI and Character, Implementation of Learning
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Dec 2018 15:00
Last Modified: 13 Dec 2018 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum