PELAKSANAAN BAI' BI SAMAN 'AJIL DI BMT MITRA LOHJINA WI BANTUL DAN JUAL BELl PADA MINDRING (STUDI TENTANG AL-MA$LAHAH AL-IQTI$ADIYAH)

MUHAMMAD ERFAN ZAINUDIN, NIM. 03380375 (2008) PELAKSANAAN BAI' BI SAMAN 'AJIL DI BMT MITRA LOHJINA WI BANTUL DAN JUAL BELl PADA MINDRING (STUDI TENTANG AL-MA$LAHAH AL-IQTI$ADIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN BAI' BI SAMAN 'AJIL DI BMT MITRA LOHJINA WI BANTUL DAN JUAL BELl PADA MINDRING (STUDI TENTANG AL-MA$LAHAH AL-IQTI$ADIYAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN BAI' BI SAMAN 'AJIL DI BMT MITRA LOHJINA WI BANTUL DAN JUAL BELl PADA MINDRING (STUDI TENTANG AL-MA$LAHAH AL-IQTI$ADIYAH))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Bai' bi saman lijJJ merupakan salah satu produk penyaluran dana yang cukup di gemari di BMT karena karaktemya profitable, mudah dalam penerapan, serta dengan risk factor yang ringan untuk diperhitungkan. Selain itu anggota dapat dengan mudah menggunakan produk ini terutarna bagi mereka yang termasuk golongan ekonomi menengah ke bawah karena pembayaran harga oleh anggota dapat c!ilakukan secara angsuran setiap periode tertentu. Dalam praktiknya, bai' bj saman ajil berhasil menempati hampir 80% peta penyaluran dana di BMT Mitra Lohjinawi Bantul. Dalam kegiatan pembiayaan di lapangan, ada juga sekelompok orang yang juga mengadakan pembiayaan terhadap masyarakat kecil di Pasar Kota Bantu!. Dalam istilah jawa tradisional, sekelompok orang tersebut sering disebut mendring. Produk dari mendring ini berupa suatu pembiayaan kredit. Dalam praktiknya, antara BMT Mitra Lohjinawi dan mendring mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu masyarakat melalui suatu sistem pembiyaan kredit. Selanjutnya penyusun akan mencoba membahas tentang produk bai' bi saman ajil ini dilihat dari segi kemanfaatan dan kemaslahatan dalam hal ekonomi (al-MEzyiahah al-lqti adiyah). Penyusun akan mencoba membandingkan produk pembiayaan bai' bi samw lijii ini dengan pembiayaan kredit pada mendring yang dalam pelaksanaannya di lapangan, kedua produk ini sama-sama membantu masyarakat dalam meningkatkan usaha dan memenuhi kebutuhannya. Jenis penelitian skripsi ini adalah field research atau penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang penyusun gunakan adalah normative, sehingga dengan pendekatan tersebut diharapkan dapat diperoleh basil penelitian yang sesuai dengan tinjauan hukum Islam. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada beberapa pihak yaitu pihak BMT Mitra Lohjinawi, mendring, dan masyarakat yang menggunakan pembiayaan, maka pembiyaan bai' bi man lijH mempunyai nilai kemanfaatan dan kemaslahatan dalam hal ekonomi (al-MEzylahah al-Iqti{ladiyah). Hal ini dapat dilihat dari mulai penerapan akad dalam pembiyaan Bai' bi saman lijiJ lebihjelas dibandingkan dengan kredit pada mendring. Kemudian dari segi penetapan harga barang, pada pembiyaan bai' bi saman fiji] dengan menggunakan margin keuntungan yang jumlahnya tetap sesuai dengan kesepakatan pada akad awal. Akan tetapi pada pembiyaan kredit pada mendring menggunakan bunga yang jumlah nominalnya lebih besar dari pada margin keuntungan pada pembiyaan bai' bi saman lijil. Jika pada pembiayaan bai' bi saman lijiJ jumlab margin keuntungannya adalab sebesar 10-15% maka pada pembiyaan kredit mendring mencapai 20-25%. Dalam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. DAHWAN, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Bai' Bi' Saman
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:24
Last Modified: 05 Sep 2018 07:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30777

Actions (login required)

View Item View Item