IMPLEMENTASI DAN DAMPAK UNDANG-UNDANG DESA BAGI PEMBANGUNAN DI DESA MAJASARI, KECAMATAN SLIYEG, KABUPATEN INDRAMAYU

Kendri, NIM 12230045 (2018) IMPLEMENTASI DAN DAMPAK UNDANG-UNDANG DESA BAGI PEMBANGUNAN DI DESA MAJASARI, KECAMATAN SLIYEG, KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DAN DAMPAK UNDANG-UNDANG DESA BAGI PEMBANGUNAN DI DESA MAJASARI, KECAMATAN SLIYEG, KABUPATEN INDRAMAYU)
12230045_KENDRI-BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DAN DAMPAK UNDANG-UNDANG DESA BAGI PEMBANGUNAN DI DESA MAJASARI, KECAMATAN SLIYEG, KABUPATEN INDRAMAYU)
12230045_KENDRI-BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kendri, Implementasi dan Dampak Undang-Undang Desa Bagi Pembangunan di Desa Majasari Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan dampak pemberlakukan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 di Desa Majasari terhadap pembangunan desa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive, yaitu teknik penentuan informan atas dasar pertimbangan tertentu dengan cara peneliti memilih orang tertentu yang dipertimbangkan terlibat dalam pelaksanaan UU Desa di Desa Majasari tahun 2016. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses implementasi UU Desa di Desa Majasari telah dilaksanakan berdasarkan aturan yang berlaku dengan melibatkan masyarakat, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan pengawasannya. Dilihat dari alokasi anggaran maka angaran pembangunan desa lebih banyak untuk pembangunan fisin (41%) dan bidang pemerintahan (22%). Pelaksanaan Undang-Undang Desa di Desa Majasari lebih banyak berdampak positif dari dampak negatif. Dampak tersebut antara lain perbaikan kondisi fisik Desa Majasari, peningkatan pelayanan desa, meningkatnya nilai-nilai gotong royong dalam pembangunan, dan munculnya industry-industri rumah tangga di beberapa kelompok, seperti munculnya industry kerajinan tangan seperti pembutan tas dari tali kur, pembuatan sirup mangga, kripik pisang oleh kelompok purna TKI dan masyarakat umum. Dari kegiatan tersebut berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S. Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Undang-Undang Desa, Implementasi, Dampak, Alokasi Anggaran
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:33
Last Modified: 06 Sep 2018 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum