REVITALISASI SUMBERDAYA ALAM SEBAGAI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA : STUDI DI TAMAN TEBING BREKSI DESA SAMBIREJO, PRAMBANAN, SLEMAN

Agung Pambudi, NIM. 13230014 (2018) REVITALISASI SUMBERDAYA ALAM SEBAGAI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA : STUDI DI TAMAN TEBING BREKSI DESA SAMBIREJO, PRAMBANAN, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REVITALISASI SUMBERDAYA ALAM SEBAGAI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA : STUDI DI TAMAN TEBING BREKSI DESA SAMBIREJO, PRAMBANAN, SLEMAN)
13230014_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REVITALISASI SUMBERDAYA ALAM SEBAGAI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA : STUDI DI TAMAN TEBING BREKSI DESA SAMBIREJO, PRAMBANAN, SLEMAN)
13230014_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Revitalisasi Sumberdaya Alam Sebagai Model Pemberdayaaan Masyarakat Berbasis Wisata : Studi Di Taman Tebing Breksi Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Penulis mengangkat tema besar revitalisasi sumberdaya alam dilatarbelakangi oleh maraknya pembangunan pariwisata di Yogyakarta yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya adalah Taman Tebing Breksi yang semula merupakan kawasan penambangan batu kini menjadi obyek wisata terpopuler. Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang proses pengelolaan Taman Tebing Breksi serta hasil dari pembangunan yang sudah dilakukan, ditinjau dari perspektif pemberdayaan masyarakat. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif- kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data penelitian serta melakukan validasi dengan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pembangunan dan pengelolaan Taman Tebing Breksi bermula pasca di resmikannya kawasan tersebut sebagai Geo Herittage, yang sebelumnya merupakan kawasan penambangan batu. Kemudian para inisiator yang merupakan penggerak pembangunan melakukan upaya sosialisasi kepada para penambang agar beralih ke sektor pariwisata. Adapun dari segi manajerial, Taman Tebing Breksi dikelola secara otonom dan menjadi unit usaha BUMDes Sambirejo diluar Pokdarwis, dengan prinsip kerjanya yang menekankan asas gotong royong. Pengelola obyek wisata merupakan penduduk lokal Desa Sambirejo juga mantan penambang. Sedangkan hasil dari pembangunan Taman Tebing Breksi sebagai obyek wisata itu sendiri menjadi sebuah alternatif pengelolaan sumberdaya alam yang ramah lingkungan dan mampu menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi penduduk lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Pembangunan pariwisata, Peluang usaha masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:42
Last Modified: 06 Sep 2018 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item View Item