ANALlSlS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN NON JAKARTA ISLAMIC INDEXTAHUN 2000-2002

US NURAISAH JAMIL, NIM. 0039316 (2005) ANALlSlS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN NON JAKARTA ISLAMIC INDEXTAHUN 2000-2002. Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (Al\ALlSlS PERBA.NDINGAN KINERJA KEUA.NGAN PERUSA.HA.A.N PUBLIK YANG MASl!K DI JAKARTA ISLAJV!/C INDEX DAN NON JAKARTA ISLAMIC INDEXTAHUN 2000-2002)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (Al\ALlSlS PERBA.NDINGAN KINERJA KEUA.NGAN PERUSA.HA.A.N PUBLIK YANG MASl!K DI JAKARTA ISLAJV!/C INDEX DAN NON JAKARTA ISLAMIC INDEXTAHUN 2000-2002)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

KUI-00390316 Perkembangan Ekonomi Islam yang semakin baik menyebabkan berkembangnya pula wacana pasar modal Islam yang juga ingin terhindar dari sifat-sifat yang dilarang agama. Hal tersebut mendorong lahimya Jakarta Islamic Index. Jakarta Islamic Index lahir sebagai altematif bagi pengusaha muslim yang ingin menanarnkan modalnya melalui saham yang terbebas dari unsur riba dan sifat mudharat lainnya Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan antara pemsahaan yang masuk Jakarta Islamic Index dan non Jakarta Islamic Index. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengumpulan data dengan tujuan tertentu. Tujuan tertentu disini adalah bahwa hanya ada 30 pemsahaan yang masuk Jakarta Islamic Index untuk setiap enam bulannya, dan hanya ada beberapa peemsahaan yang secara konsisten berada di Jakarta Islamic Index untuk waktu yang lama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan kinerja keuangan antara pemsahaan yang masuk Jakarta Islamic Index dan non Jakarta Islamic Index tahun 2000-2002 untuk semua indikator baik itu current ratio, debt to equity ratio, total asset turnover atau return on investment. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut: Pertama:Belum dibukukannya regulasi yang mengatur prinsip umum pasar modal syariah. Hal ini akan berpengaruh pada Jakarta Islamic Index karena mempakan bagian dari pasar modal syariah, kedua: perkembangan Jakarta Islamic Index knrang tersosialisasi dengan baik sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak, ketiga: lemahnya otoritas yang mengawasi emiten-emiten yang mengeluarkan produk syariah khususnya saham, sehingga perlu adanya kerjasama yang lebih baik antara DSN-MUI dan Bapepam dalam melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ibnu Qizam SE, Akt, Msi
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan, Islamix Index dan non
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:49
Last Modified: 06 Sep 2018 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30787

Actions (login required)

View Item View Item