STRATEGI PEMASARAN AL-MUSYAROKAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SUBBULUSSALAM NGANCAR, TRIDADI, SLEMAN, YOGYAKARTA

MARATU SOLIKHAH - NIM. 04240012, (2009) STRATEGI PEMASARAN AL-MUSYAROKAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SUBBULUSSALAM NGANCAR, TRIDADI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN AL-MUSYAROKAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SUBBULUSSALAM NGANCAR, TRIDADI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN AL-MUSYAROKAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SUBBULUSSALAM NGANCAR, TRIDADI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)

Abstract

Yogyakarta Strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu rencana pemasaran dan sangat diperlukan dalam suatu perusahaan bertujuan agar rencana yang telah dibuat dapat dilaksanakan dan dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan serta diharapkan dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang ada. Baitul Maal wa Tamwil Subbulussalam melihat bahwa dikalangan pengusaha ekonomi menengah kebawah belum tersentuh oleh lembaga-lembaga keuangan yang ada untuk mengembangkan usaha agar lebih baik, kondisi seperti ini membuat Baitul Maal wa Tamwil Subbulussalam timbul gairah keislamannya untuk turut serta membantu dan mengembangkan potensi tersebut dalam wujud simpanan dan pembiayaan. Adapun jenis kegiatan atau usaha yang dilakukan Baitul Maal wa Tamwil Subbulussalam adalah memobilisasi simpanan sukarela dari anggota yang berbentuk simpanan sukarela amanah dan mudhorobah serta memberikan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil. Berdasarkan pada uraian diatas maka masalah pokok yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran musyarokah dan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambatnya di Baitul Maal wa Tamwil Subbulussalam, Ngancar Tridadi, Sleman, Sebagai sebuah lembaga keuangan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas, musyarokah BMT Subbulussalam mempunyai cara tersendiri untuk memasarkan produk jasanya, yaitu dengan cara menjalankan strategi bauran promosi yang ditempuh dengan berbagai cara yaitu, pertama, periklanan, kedua, promosi penjualan. Dalam mengiklankan musyarokahnya, pimpinan BMT Subbulussalam menempuh dengan jalan pemilihan media periklanan yang tepat. Adapun meia tersebut antara lain, koran, radio, baliho dan sebagainya dengan memperhatikan lima fungsi periklanan agar pesan yang hendak diinginkan dapat tercapai dengan baik, yaitu: memberikan informasi, membujuk, memberikan kesan, memuaskan keinginan, dan sebagai alat komunikasi. Disamping itu periklanan BMT Subbulussalam juga melaksanakan promosi penjualan dengan cara melalui mengadakan seminar dan kegiatan sosial lainnya serta dengan cara face to face. Semoga dengan adanya hasil penelitian ini, dengan segala hasilnya, dapat memberikan manfaat yang maksimal sebagai salah satu bentuk nilai positif yang terkandung dalam hasil penelitian ini, baik bagi penulis maupun pembaca, karena sesungguhnya itu semua sebenarnya dan sepenuhnya berkat rahmat dan karunia Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRA. SITI FATIMAH, M.PD
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Baitul Maal wa Tamwil Subbulussalam, strategi pemasaran musyarokah
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 02 Oct 2013 05:31
Last Modified: 11 Jan 2017 02:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item