HAK-HAK PEREMPUAN DALAM PERKAWINAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN AN-NAWAWI AL-BANTANI DAN MASDAR FARID MAS'UDI )

ZUSIANA ELLY TRIANJINI, NIM :0036 0451 (2004) HAK-HAK PEREMPUAN DALAM PERKAWINAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN AN-NAWAWI AL-BANTANI DAN MASDAR FARID MAS'UDI ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (HAK-HAK PEREMPUAN DALAM PERKAWINAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN AN-NAWAWI AL-BANTANI DAN MASDAR FARID MAS'UDI ))
BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HAK-HAK PEREMPUAN DALAM PERKAWINAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN AN-NAWAWI AL-BANTANI DAN MASDAR FARID MAS'UDI ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Hak-hak perempuan dalam perkawinan merupakan wacana yang tidak asing lagi bagi kalangan pemikir perempuan, hal ini nampak ketika banyaknya pemikir perempuan yang mengembangkan wacana hak perempuan walaupum tidak secara khusus membahas tentang hak perempuan dalam perkawinan. Tetapi dari berbagai pemikiran yang muncul tersebut, terdapat berbagai macam kelebihan dan kekurangan baik dari segi metode maupun teori yang dikembangkan. Persolan penting tentang perempuan dalam perkawinan pada masyarakat patriarki adalah tetjadinya sublimasi identitas dan eksistensi diri perempuan pada laki-laki. Sublimasi tersebut tidak nampak sebagai bentuk penindasan secara nyata. Ia berada dalam ruang kesadaran rasionalitas dan psikologis. Ketika dalam kesadaranya, peremp 1an harus merasa tunduk pada laki-laki dalam konteks perkawinan, maka disaat itu pula persoalan sublimasi rasionalitas perempuan telah bekerja. Ideology patriarki yang dikonstruksikan, dilembagakan dan disosialisasikan lewat institusi­ institusi yang terlibat sehari-hari dalam kehidupan keluarga, sekolah, masyarakat, agama, tempat kerja, sampai dengan kebijakan negara semakin menemukan kedudukanya dalam perkawinan. Dalam mengkaji dan menelaah lebih lanjut tentang hak-hak perempuan dalam perkawinan penyusun menggunakan metode deskriptif analitis yaitu: menggambarkan dan menganalisis secara cermat tentang hak-hak perempuan dalam perkawinan menurut An-Nawawi dan Masdar Farid Mas'udi. Hasil yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah terdekontruksinya wacana yang mendiskriditkan perempuan, sehingga menghasilkan wacana barn yang berpihak kepada perempuan , dan sublimasi identitas perempuan dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DRS. M SODIK S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Hak perempuan dalam perkawinan
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Sep 2018 01:09
Last Modified: 17 Sep 2018 01:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30852

Actions (login required)

View Item View Item