PEGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO (Ditinjau dari Hukum Islam)

NURSOFFIYA, NIM: 00380544 (2004) PEGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO (Ditinjau dari Hukum Islam). Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO (Ditinjau dari Hokum Islam))
BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO (Ditinjau dari Hokum Islam))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Wakaf adalah salah satu sistem lembaga Islam yang pada satu sisi berfungsi sebagai ibadah, sedangkan di sisi lain juga dapat berfungsi sosial. W'akaf merupakan pemyataan dan refleksi dari perasaan iman yang mantap dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama manusia. Oleh karena itu, ia merupakan sistem lembaga Islam yang dapat dipergunakan untuk mewujudkan kebaikan dalam memelihara hubungan baik antara manusia dengan Allah, ataupun antar sesama manusia dalam satu tatanan masyarakat. Pondok Pesantren Modem Darussalam Gontor merupakan lembaga pendidikan yang berdiri di atas tanah wakaf produktif yang dikelola dengan sistem manajemen yang baik, mampu mandiri, tanpa menggantungkan biaya operasionalnya pada instansi atau lembaga lain. Berangkat dari asumsi ini, penyusun ingin mengetahui lebih jauh tentang poll! pengembangan dan pemanfaatan harta wakaf produktif di Pondok Pesantren MMern Darussalam Gontor, untuk selanjutnya dilakukan tinjauan status (keabsahan) hukum Islam atasnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, penyusun menggunakan model penelitian pustaka dan lapangan. Untuk penelitan lapangan penyusun memakai teknik pengumpulan data dokumenter yang secara khusus dipergunakan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan pola pengembangan dan pemanfaatan tanah wakaf di Pondok Pesantren Modem Darussalam Gontor. Sedangkan analisis data menggunakan cara berpikir deduktif dan induktif. Dari kajian ini, dapat diketahui bahwa wakaf di Pondok Pesantren Modem Darussalam Gontor berkembang dengan pesat karena tanah wakaf yang ada diberdayakan secara intensif dengan diolah sendiri, disewakan dan dibangunnya unit-unit usaha di atasnya. Pendayagunaan hasil wakaf sendiri yang di-ta,sarruf­ kan untuk kepentingan dan kelangsungan hidup Pondok yang tertuang dalam panca jangka yaitu: pendidikan dan pengajaran, kaderisasi, pergedungan, khizanatullih (sumber dana), dan kesejahteraan keluarga, juga menjadi faktor terns meningkatnya kuantitas dan kualitas harta wakaf produktif di Pondok Pesantren Modem Darussalam Gontor. Dengan memakai tinjauan prinsip m8ftla/1ab nampak bahwa upaya pengembangan wakaf produktif di Pondok Pesantren Modem Darussalam Gontor masih selaras dengan nilai-nilai syari'ah. Dalam perspektif lain bisa juga dikatakan bahwa berbagai upaya pemberdayaan harta wakaf (terutama terkait sistem manajerialnya) telah banyak beranjak dari teorisasi wakaf dalam fiqh klasik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. ABD. SALAM ARIEF, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengeloaan wakaf, Gontor
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:10
Last Modified: 17 Sep 2018 04:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30863

Actions (login required)

View Item View Item