TINJAUAN HliKlJM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN PEMBERIAN KOMlSl OLEH PERUSAHAAN BAKPIA PATHUK 25 YOGYAKARTA KEPADA JASA TRANSPORTASl

WASIATUL ARIFAH, NIM. 01381090 (2004) TINJAUAN HliKlJM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN PEMBERIAN KOMlSl OLEH PERUSAHAAN BAKPIA PATHUK 25 YOGYAKARTA KEPADA JASA TRANSPORTASl. Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HliKlJM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN PEMBERIAN KOMlSl OLEH PERUSAHAAN BAKPIA PA THllK 25 YOGY AKART A KEPADA JASA TRANSPORTASl)
BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HliKlJM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN PEMBERIAN KOMlSl OLEH PERUSAHAAN BAKPIA PA THllK 25 YOGY AKART A KEPADA JASA TRANSPORTASl)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul "Tinjauan Hukum Islam terhadap Perjanjian Pemberian Komisi oleh Perusahaan Bakpia Pathuk. 25 Yogyakarta kepada Jasa Transportasi". Penelitian ini dilakukan berawal dari fenomena adanya kerjasama yang dilakukan antara perusahaan Bakpia Pathuk 25 Yogyakarta dengan jasa transportasi seperti: Beca.k. Andong, Taksi dan Travel, dalam distribusi pemasaran produk. Bakpia Pathuk bermerek dagang 25. Bentuk kerjasama yang dilakukan antara kedua belah pihak, yaitu adanya janji dari pihak perusahaan untuk memberikan imbalan/upah atau komisi, apabila jasa transportasi tersebut mengantarkan konsumenltamu untuk membeli Bakpia Pathuk bermerek dagang 25, baik membeli langsung kepa.da toko perusahaan maupun kepada salah satu dari tiga toko cabang perusahaan. Konsekuensi logis suatu kerjasama 3daiah adanya perjanjian, pada dasamya mengenai perjanjian pemberian komisi ini hanya bersifat lisan saja dan sudah ditentukan dulu oleh pihak perusahaan, baik jumlah besamya uang komisi, maupun syarat-syarat dalam materi perjanjian. Pelaksanaan perjanjian pemberian komisi ini sudah dianggap sebagai suatu kebiasaan yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Memang setiap orang bebas mengadakan perjanjian dalam segala bentuk dan dengan siapapun sesuai kehenda.k. akan tetapi perjanjian tersebut harus memenuhi syarat-syarat perjanjian dalam Islam, begitupun dengan suatu kebiasaan dalam masyarakat dianggap baik, jika sejalan atau tidak bertentangan dengan hukum syara'. Jenis penelitian ini adaJah penelitian Japangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis yaitu dengan mendeskripsikan masalah perjanjian pemberian komisi oleh perusahaan Bakpia Pathuk 25 Yogyakarta kepada jasa transportasi, kemudian mengadakan analisis terhadap sistem perjanjian dan terhadap pelaksanaan perjanjian. Adapun pendekatan dalam penelitiari ini adalah pendekatan normatif yakni dengan melihat apakah sistem perjanjian pemberian komisi tersebut sudah memenuhi syarat-syarat perjanjian dalam hukum Islam atau belum dan apakah pelaksanaan perjanjian tersebut sesuai dengan hukum Islam. Dengan menggunakan metode tersebut mendapatkan basil akhir dari penelitian yang menentukan bahwa sistem perjanjian pemberian komisi yang diterapkan oleh pihak perusahaan Bakpia Pathuk 25 Yogyakarta kepada jasa transportasi, sudah- memenuhi syarat-syarat perjanjian dalam Islam. Begitu juga dengan pelaksanaan perjanjian pemberian komisi tersebut yang sudah dianggap sebagai suatu kebiasaan dan banyak diketahui oleh masyarakat, tidak terdapat unsur-unsur yang bertentangan dengan hukum syara' serta merupakan kebiasaan yang baik dan banyak mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Sehingga dengan terselesaikannya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perjanjian pemberian komisi oleh perusahaan Bakpia Pathuk 25 Yogyakarta kepada jasa transportasi adalah sah menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DR. H. ABD. SALAM ARlEF, MA
Uncontrolled Keywords: Pemberian Komosi, Bakpia Pathuk
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:03
Last Modified: 17 Sep 2018 07:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30865

Actions (login required)

View Item View Item